Kota Malang memang sering disebut sebut sebagai Kota Kuliner. Hal ini tidak berlebihan, karena memang di Kota Malang banyak berdiri beragam tempat kuliner mulai dari warung, lesehan, rumah makan, restaurant, bahkan kedai kopi. Mulai dari masakan tradisional, chinesse food, hingga western food semua dapat kita temukan di Kota Malang ini. Namun yang menjadi ciri khas dari Kota Malang adalah kuliner hidangan baksonya. Tak heran jika banyak berdiri kedai bakso yang berlomba lomba membuat kreasi dari setiap produk baksonya. Bagi Anda yang merupakan wisatawan yg sedang berkunjung ke Kota Malang, informasi berikut mungkin dapat sangat membantu Anda dalam mencari pilihan kuliner bakso untuk di kunjungi.

bakso kota cak man

Berikut ini adalah 10 Kuliner Bakso Terbaik yang ada di Kota Malang, yakni :

  • BAKSO KOTA CAK MAN : Tak salah memang jika menyebut kota Malang sebagai “Kota Bakso” yang namanya sudah terkenal seantero negri. Karena di kota ini makanan berbahan dasar daging ini pastinya sudah banyak kita jumpai, mulai dari pedagang kaki lima sampai restoran elit pun sekarang berlomba lomba menampilkan bakso dengan berbagai inovasi. Kuliner asli warga Malang yang terdiri dari pentol (bakso), tahu putih, tahu kuning, siomay, mie kuning berbaur dengan kaldu ayam ini memang selalu membuat kita ingin mencoba lagi dan lagi. Jika Anda singgah ke Kota Malang pastinya belum lengkap jika belum menikmati kuliner khas Malang yakni “Bakso Malang” yang tentunya memiliki cita rasa berbeda dari kota kota lainnya di Indonesia. Di Kota Malang sendiri terdapat banyak outlet kuliner yang menyajikan menu utama bakso, dan tentunya memiliki citarasa yang berbeda antara outlet satu dengan lainnya.
  • BAKSO GONDHOL : Satu lagi kuliner bakso khas Kota Malang yang dapat Anda coba. Ya, Bakso Gondhol merupakan sebuah Depot bakso yang berada di Jalan S. Priyo Sudarmo No. 35 Blimbing, Malang. Bagi Anda yang gemar makan dan “diperbolehkan” mengkonsumsi bakso berbahan dasar daging babi, maka Depot yang satu ini sangat pas untuk dikunjungi. Rumah Makan Bakso Gondhol ini memang merupakan rumah makan yang khusus menyajikan hisangan bakso dengan daging serta kuah babi. Bakso Gondhol sendiri telah berdiri di Kota Malang sejak tahun 1970, dan hingga saat ini depot bakso ini selalu dikunjungi para pelanggan setianya.
  • BAKSO RAMBUTAN PAK BAS :  Bakso atau yang biasa di sebut bakwan Malang. Mungkin kuliner yang satu ini sudah tidak asing lagi bagi Anda terutama warga Kota Malang dan sekitarnya. Namun Bakso yang satu ini sangat berbeda dengan bakso kebanyakan pada umumnya. Ya, Bakso Rambutan. Dari namanya Anda pasti bertanya tanya bagaimana bentuk dan rasa dari kuliner si daging bulat ini. Rumah makan Bakso Rambutan Pak Bas merupakan depot yang menyajikan menu kuliner yang unik ini. Seperti namanya, rumah makan yang satu ini memang cukup banyak dikenal masyarakat luas dengan citarasa bakso rambutannya yang unik.
  • BAKSO DAMAS : Kota Malang memang sangat terkenal dengan beragam kulinernya, salah satunya adalah kuliner Bakso. Kuliner si daging bundar ini memang sangat digemari berbagai kalangan masyarakat. Karena hal ini lah tak heran jika di Malang banyak berdiri gerai bakso mulai dari pedagang kaki lima hingga rumah makan yang khusus menyediakan menu utama bakso. Selain Bakso Kota Cak ManBakso GunBakso PresidentBakso Cak Kar, salah satu rumah makan bakso yang namanya sudah cukup dikenal di kalangan masyarakat luas yakni Bakso Damas. Di Bakso Damas ini, Anda dapat mencoba hidangan basko yang cukup berbeda dengan bakso lainnya. Satu porsi bakso di sini bisa terdiri dari bermacam macam jenis isian sesuai dengan selera Anda.
  • BAKSO PRESIDENT : Bakso! Ya, kuliner yang satu ini pasti sudah sangat familiar bagi Anda terutama warga Kota Malang dan sekitarnya. Dikota Malang sendiri ada satu brand bakso yang namanya sudah sangat melegenda. Selain terkenal di Kota Malang sendiri, karena keunikan citarasa dan tekstur baksonya yang “maknyus” membuat Bakso President kini menjadi salah satu icon wisata kuliner yang patut dicicipi ketika berkunjung ke Kota Malang. Abah Sugito adalah orang pertama yang menjalankan usaha kuliner Bakso President ini. Dari berjualan bakso keliling pada tahun 1977, hingga pada akhirnya beliau mendirikan sebuah warung sederhana pada tahun 1982 di belakang sebuah gedung bioskop yang kemudian beralih fungsi menjadi Mitra II Departemen Store. Nama “Bakso President” sendiri memang sengaja diambil dari lokasinya yang terletak tepat di belakang Bioskop President pada waktu itu untuk memudahkan pelanggan mengingat namanya.
  • BAKSO GUN : Tak salah memang jika menyebut kota Malang sebagai “Kota Bakso” yang namanya sudah terkenal seantero negri. Karena di kota ini makanan berbahan dasar daging ini pastinya sudah banyak kita jumpai, mulai dari pedagang kaki lima sampai restoran elit pun sekarang berlomba lomba menampilkan bakso dengan berbagai inovasi. Namun tidak samua bakso memiliki rasa dan tekstur yang sama seperti bakso pada umumnya, banyak penjual bakso yang berebutan mencari perhatian pelanggan setia mereka dengan membuat inovasi terhadap si daging bundar ini. Seperti yang dilakukan Depot Bakso Gun Malang ini. Depot ini menawarkan makan bakso ala Jepang dan penyajiannya baru pertama kali muncul di Indonesia.
  • BAKSO BAKAR PAK MAN : Kuliner yang satu ini pastinya sudah sangat akrab dengan lidah orang Indonesia. Ya, tak salah memang jika menyebut kota Malang sebagai “Kota Bakso” yang namanya sudah terkenal seantero negri. Namun tidak samua bakso memiliki rasa dan tekstur yang sama seperti bakso pada umumnya, banyak penjual bakso yang berebutan mencari perhatian pelanggan setia mereka dengan membuat inovasi terhadap si daging bundar ini. Seperti inovasi bakso yang satu ini, Bakso Bakar Pak Man yang bisa dibilang merupakan pencetus ide bakso bakar di kota Malang. Bakso Kota Cak Man ini telah menjadi franchise bakso terbesar di Indonesia, dengan booth yang tersebar di berbagai tempat. Bahkan, pada 2007 bakso milik Cak Man ini berhasil menyabet rekor MURI sebagai bakso terbesar berdiameter 1,65 meter terbuat dari daging sapi asli dan 100% halal.
  • BAKSO BAKAR PAHLAWAN TRIP : Kuliner yang satu ini pastinya sudah sangat akrab dengan lidah orang Indonesia. Ya, tak salah memang jika menyebut kota Malang sebagai “Kota Bakso” yang namanya sudah terkenal seantero negri. Namun tidak samua bakso memiliki rasa dan tekstur yang sama seperti bakso pada umumnya, banyak penjual bakso yang berebutan mencari perhatian pelanggan setia mereka dengan membuat inovasi terhadap si daging bundar ini. Ya, penerapan inovasi tersebut sepertinya sudah diterapkan oleh Bakso Bakar Pahlawan Trip yang dapat Anda temukan ketika berjalan-jalan di kawasan Ijen atau lebih tepatnya berada di Jalan Pahlawan Trip, Kota Malang. Yang menjadi ciri khas dari bakso bakar ini adalah kepedasan dari bakso bakarnya . Jangan sekali kali bilang pedas kalau anda belum pernah mencoba bakso bakar ini , karena pasti akan kaget dengan pedasnya.
  • BAKSO CAK KAR SINGOSARI : Kuliner yang satu ini pastinya sudah sangat akrab dengan lidah orang Indonesia. Ya, tak salah memang jika menyebut kota Malang sebagai “Kota Bakso” yang namanya sudah terkenal seantero negri. Namun tidak samua bakso memiliki rasa dan tekstur yang sama seperti bakso pada umumnya. Di Bakso Cak Kar Singosari ini contohnya, Bakso Cak Kar menawarkan beragam rasa bakso dan setiap bakso yang disajikan memiliki keunikan rasa yang siap membuat Anda ketagihan. Bakso Cak-Kar Wong Singosari sendiri berlokasi di kelurahan Candirenggo, sekitar 50 meter dari sebelah utara Candi Dwarapala – Singosari, Malang atau sekitar 20 menit berkendara dari pusat kota Malang. Berada persis di tengah perkampungan dan masih dikelililingi oleh persawahan. Parkirnya cukup luas, demikian juga dengan bangunannya yang luas dan bersih serta tertata dengan rapi.
  • BAKSO PAK DULMANAN STASIUN MALANGBakso Pak Dulmanan Stasiun Malang ini merupakan sebuah depot bakso yang namanya sudah banyak di kenal oleh warga Kota Malang dan sekitarnya. Bakso yang lebih dikenal dengan nama “Bakso Stasiun Malang” atau “Bakso Dulmanan” ini, ternyata sudah berdiri sejak tahun 1960-an. Disebut demikian (Bakso Stasiun Malang) karena memang lokasinya yang berada di dekat kawasan Stasiun Kota Baru Malang atau lebih tepatnya berada di Jalan Trunojoyo No. 9, Malang.  Salah satu ciri khas yang menjadikan Bakso Stasiun Pak Dulmanan ini sangat dikenal oleh banyak masyarakat luas adalah ukuran baksonya yang cukup besar. Bulatan Baksonya hampir sebesar ukuran bola tenis. Hal inilah yang menjadikan Bakso Stasiun ini sebagai bakso legendaris sekaligus pelopor bakso raksasa yang ada di Kota Malang.