Kota Jogja memang merupakan salah satu kota yang sering dijadikan jujugan bagi para wisatawan yang sedang berlibur. Mulai dari Objek Wisata (hiburan, olahraga, dan sejarah), Kuliner, hingga Penginapan semua ada di Kota Jogja. Untuk objek wisata alamnya , Yogyakarta mempunyai berbagai macam pilihan yakni salah satunya adalah wisata alam pantai. Di Jogja sendiri terdapat banyak pantai yang indah dan menawan. Bagi Anda yang sedang berlibur di Kota Yogyakarta, mungkin informasi berikut dapat sangat membantu untuk menjadikan referensi bagi Anda dalam mengunjungi pantai pantai yang ada di Yogyakarta.

Pantai Pok Tunggal (2)

Berikut ini adalah 10 Pantai Terindah yang ada di Yogyakarta :

  • PANTAI PARANGTRITIS : Pantai Parangtritis terletak 27 km selatan Kota Jogja dan mudah dicapai dengan transportasi umum yang beroperasi hingga 5 sore maupun menggunakan kendaraan pribadi. Pantai Parangtritis merupakan tempat wisata terbaik untuk menikmati sunset sambil having fun menaklukkan gundukan pasir dengan ATV (All-terrain Vechile) ataupun menyusuri pantai dengan bendi dalam senja yang romantis. Sore menjelang matahari terbenam adalah saat terbaik untuk mengunjungi pantai paling terkenal di Yogyakarta ini. Namun bila Anda tiba lebih cepat, tak ada salahnya untuk naik ke Tebing Gembirawati yang berada di belakang Pantai Parangtritis ini. Dari sana kita bisa melihat seluruh area Pantai Parangtritis, laut selatan, hingga ke batas cakrawala.
  • PANTAI KUKUPPantai Kukup merupakan sebuah pantai yang terletak di Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul sekitar 1 km di sebelah Timur Pantai BaronPantai Kukup dapat ditempuh dari Kota Jogja kurang lebih 1,5 sd 2 jam. Jalan akses menuju pantai kukup relatif bagus dan terawat. Dikenal sebagai Akuarium Alam, Karena banyaknya ikan hias di Pantai ini, dan airnya yang jernih. Merupakan obyek wisasta alternatif bila kita bosan dengan suasana di Pantai Parangtritis. Kalau Bali memiliki Tanah Lot, maka Jogja memiliki Pantai KukupPantai kukup merupakan pantai yang indah, terdiri dari karang – karang dan pasir putih. Pantainya landai berpasir putih dan terdapat jalan setapak yang membelah bukit sampai Pantai Baron. Di bagian timur, ada sebuah batu karang besar menyerupai pulau kecil yang di hubungkan dengan jembatan. Anda bisa menikmati pemandangan dari gardu pandang yang ada di batu karang tersebut.
  • PANTAI WEDIOMBO : Terdapat batu karang yang mengapit, air lautnya menjorok ke daratan, namun memiliki luas yang lebih lebar dibanding teluk biasa. Pantai Wediombo terletak di Desa Jepitu, Kecamatan Girisubo, Kabupaten Gunung Kidul. Pantai Wediombo ini sangat mudah dijangkau bila sebelumnya telah datang ke Pantai Siung. Cukup kembali ke pertigaan di Tepus sebelum menuju ke Siung, kemudian belok kanan mengikuti alur jalan hingga menemukan papan petunjuk belok ke kanan untuk menuju Wediombo. Selain panorama pantai yang mengagumkan, Pantai Wediombo juga menawarkan pengalaman wisata unik, bahkan ekstrim, yaitu memancing di ketinggian bukit karang. Saat ini jenis wisata yang bermula dari kebiasaan memancing penduduk setempat ini tengah digemari oleh pehobi dari kota Yogyakarta dan Wonogiri.
  • PANTAI DEPOK : Di antara pantai-pantai lain yang terdapat di wilayah Bantul, Pantai Depok lah yang tampak paling dirancang menjadi pusat wisata kuliner menikmati sea food. Di Pantai Depok ini, tersedia sejumlah warung makan tradisional yang menjajakan menu hidangan sea food, berderet tak jauh dari bibir pantai. Beberapa warung makan bahkan sengaja dirancang menghadap ke selatan, sehingga para pengunjungnya dapat menikmati hidangan sambil memandang ke arah laut, anda bisa melihat pemandangan laut lepas dengan ombaknya yang besar.Pantai Depok menyajikan hidangan ikan segar dan sejumlah hasil tangkapan laut lainnya dalam nuansa khas restaurant pesisir. Tak jauh dari pantai ini, anda bisa menikmati panorama gumuk pasir satu-satunya di kawasan Asia Tenggara.
  • PANTAI INDRAYANTI : Pantai kini telah menjadi salah satu objek wisata unggulan yang ada di wilayah Yogyakarta. Salah satu pantai yang terkenal akan pesona pemandangan alamnya yang sangat menawan adalah Pantai Indrayanti. Selain panoramanya yang mengagumkan, Pantai Indrayanti juga menawarkan wisata unik bahkan cukup ekstrim, yakni petualangan naik Jet Ski ke lepas pantai. Jika cuaca cerah, wisatawan dapat menikmati sunset di saat senja. Para wisatawan juga tidak perlu bingung untuk mencari tempat penginapan, karena di pantai ini telah tersedia resort yang dapat digunakan untuk menginap. Untuk dapat berkunjung ke Pantai Indrayanti ini petugas retribusi hanya memungut biaya masuk seharga Rp. 5.000 saja per orang.
  • PANTAI POK TUNGGAL :  Pantai Pok Tunggal merupakan salah satu pantai yang bisa Anda jadikan pilihan berlibur ketika sedang berkunjung ke Yogyakarta. Perjalanan menuju Pantai Pok Tunggal memang tak terduga. Awalnya disuguhi jalan yang sulit, namun ternyata berujung pada surga tersembunyi yang memikat hati dan menantang nyali. Sebatang pohon yang ikonik membuat Pantai Pok Tunggal ini makin cantik. Lepas dari perjalanan yang mendebarkan, sebuah pemandangan cantik pun terbentang di depan mata. Hamparan pantai pasir putih yang bersih dengan ombak biru yang menghempas seolah menjadi penawar lelah setelah menyusuri jalan sempit bebatuan. Terlihat beberapa wisatawan yang asyik bermain ombak pantai sambil sesekali bergaya di depan kamera.
  • PANTAI WATU KODOKPantai Watu Kodok merupakan salah satu pantai yang wajib untuk Anda kunjungi ketika sedang berada di Kota Yogyakarta. Pasir Putih yang terhampar luas dengan bebatuan karang menjaga di sisi kanan kiri Pantai Watu Kodoksehingga hal ini menjadi ciri khas tersendiri dari pantai ini. Deburan ombak menjadi pasangan setia dari keindahan pantai ini. Watu Kodok atau Katak Batu merupakan sebuah pantai yang sejajar dengan Pantai Baron, Kukup, dan Krakal. Keindahan pantai ini tidak kalah menarik dengan pantai pantai yang sudah memiliki nama besar. Pasir yang putih dan bebatuan bukit karang menjadi ciri khas dari Pantai Watu Kodok ini, jalan masuk yang masih berupa conblok menjadikan pantai ini tidak mudah diakses oleh jenis transportasi besar. Tapi bagi Anda yang ingin merasakan keindahan pantai ini  bukanlah halangan untuk menikmatinya.
  • PANTAI NGOBARANNgobaran merupakan pantai yang cukup eksotik. Jika air sedang surut, Anda dapat melihat hamparan alga (rumput laut) baik yang berwarna hijau maupun coklat. Jika dilihat dari atas, hamparan alga yang tumbuh di sela-sela karang tampak seperti sawah di wilayah padat penduduk. Puluhan jenis binatang laut juga terdapat di sela-sela karang, mulai dari landak laut, bintang laut, hingga golongan kerang-kerangan. Namun yang menjaikanPantai Ngobaran berbeda dengan kebanyakan pantai pada umunya adalah pesona budayanya, mulai dari bangunan hingga makanan penduduk setempat. Satu diantaranya yang menarik adalah adanya tempat ibadah untuk empat agama atau kepercayaan berdiri berdekatan.
  • PANTAI NGRENEHANPantai Ngrenehan merupakan sebuah objek wisata alam pesisir yang tidak hanya menawarkan keindahan panorama alam saja. Di Pantai Ngrenehan para wisatawan dapat menyaksikan aktivitas kegiatan nelayan dan menikmati ikan siap saji atau membawa ikan segar sebagai oleh-oleh.Terletak di Desa Kanigoro, Kecamatan Saptosari, atau kurang lebih 30 km di sebelah selatan kota Wonosari. Suatu pantai berupa teluk yang dikelilingi hamparan perbukitan kapur dan memiliki panorama yang sangat memukau dengan deburan ombak menerpa pasir putih.
  • PANTAI KRAKALPantai Krakal sudah lama kondang sebagai salah satu pantai di ujung selatan Jogja yang memiliki keindahan luar biasa. Garis pantainya landai dan ditaburi pasir putih dengan hempasan ombak yang jernih. Batu karang menghiasi sebagian besar bibir pantai, menjadi rumah bagi ikan-ikan karang berwarna-warni. Ikan damselfish kuning dengan aksen biru di punggungnya, ikan kepe-kepe (butterflyfish) bergaris-garis biru tua dan biru muda, serta sekelompok ikan kecil berwarna biru terang berenang di antara bebatuan semakin menambah ke indahan Pantai Krakal. Kaki-kaki bintang laut hitam menjulur keluar dari balik batu tempat persembunyian mereka. Sederet batu karang menyembul ke permukaan dan berbaris memanjang seolah membentuk sebuah jalan setapak di lautan.