Advertisement

Festival Malang Kembali atau yang biasa di sebut dengan Malang Tempoe Doeloe merupakan salah satu event tahunan yang diselenggarakan di Kota Malang. Malang Tempoe Doeloe 2014 ini akan segera menggemparkan warga Kota Malang dan sekitarnya yang diperkirakan diadakan pada awal bulan Mei mendatang tepatnya 2 Mei 2014 dan hanya berlangsung satu hari saja. Dengan mengusung tema SATOES AKOE, 100 LAKOE, Festival Malang Kembali 2014 ini diyakini akan menyedot ribuan pengunjung yang akan memadati Kota Malang.

Hal ini dikarenakan pada tahun 2013 lalu Festival Malang Tempoe Doeloe ditiadakan dikarenakan jadwal yang bersamaan dengan Pemilukada Kota Malang. Tidak seperti tahun tahun lalu yang diadakan di kawasan sepanjang Jalan Ijen, Malang Kembali SATOES AKOE, 100 LAKOE 2014 ini diadakan di kawasan Jalan Basuki Rahmat (Kayutangan) hingga Alun – Alun Kota Malang. Hal ini dikarenakan pada zaman penjajahan dahulu, lokasi tersebut merupakan tempat berkumpulnya orang Belanda di Kota Malang, serta pusat kota pada zaman dahulu.

Malang Tempo Doeloe 2014

Tujuan diadakan event Malang Tempoe Doelo ini adalah untuk mengenang dan mempelajari suasana dan kehidupan Kota Malang sediakala yang penuh dengan kebudayaan, kesenian dan keunikan yang saat ini sudah jauh berbeda. Malang Tempo Doeloe atau yang lebih dikenal dengan “MTD” diadakan pertama kali pada pertengahan bulan Mei tahun 2006. Pertama kali diadakan, acara ini sudah menarik perhatian ribuan warga Kota Malang. Mereka datang dengan berbagai macam pakaian zaman dahulu yang sangat unik, seperti kebaya lengkap dengan jariknya, baju petani dengan capil khasnya, baju safari ala guru jaman dahulu kala, hingga baju penjajahan Belanda, dan lain lain.

Setiap digelar event tahunan Malang Tenpo Doeloe ini terdapat banyak stand di sini yang menyajikan berbagai makanan tradisonal yang cita rasanya tidak kalah dengan makanan saat ini. Seperti diantaranya Nasi Jagung, Umbi umbian Rebus, Jajanan Pasar, Roti Moho, Es Lilin, Gula Kacang, Gulali, hingga Es Gandul yang merupakan menu yang paling banyak diminati pengunjung. Namun yang berbeda, di Malang Tempoe Doeloe 2014 tahun ini tidak membuka stand.

Namun Anda tidak perlu khawatir masih banyak hiburan menarik lainnya seperti berbagai foto zaman dahulu juga dipajang di sepanjang kawasan Kayutangan hingga Alun-alun Kota Malang dan tentu saja sangat menarik pengunjung untuk berfoto dengan background zaman dulu. Kendaraan kuno juga turut melengkapi kemeriahan acara Malang Tempoe Doeloe ini, seperti Becak, Andong, Sepeda Ontel, Mobil Jaman Dahulu, Sepeda Motor CB yang terkenal pada zamannya banyak dipamerkan di Festival MTD ini. Terdapat pula banyak panggung hiburan yang sengaja dihadirkan untuk memanjakan pengunjung.

Para pengunjung pun sangat menikmati pameran kendaraan kuno yang tidak mengakibatkan polusi serta nyaman untuk dikendarai ini, yang tentu saja saat ini sudah sulit untuk ditemukan. Bagaimana, pasti Anda sudah tidak sabar menyambut datangnya Festival tahunan Kota Malang yang satu ini bukan. Persiapkan diri Anda mulai sekarang untuk menyambut event akbar Kota Malang Festival Malang Kembali 2014 (Malang Tempo Doeloe), yang akan segera hadir kurang lebih 2 minggu dari sekarang (20/4/14). Yuk intip video nya di sini Malang Tempoe Doeloe 2014.

Advertisement

Cara Pendaftaran

Untuk pendaftaran stand maupun komunitas yang ingin berpartisipasi dalam acara Malang Tempo Doeloe 2014 ini, pendaftaran dilakukan di Rumah Makan Inggil Malang.