Advertisement

Coban Manten merupakan sebuah air terjun yang masih berada di kawasan Pandesari, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang. Mungkin Anda baru mendengar nama air terjun yang satu ini. Dan untuk beberapa orang yang belum mengetahui, mungkin banyak bertanya tanya seperti apa bentuk Coban Manten itu dan mengapa sampai di beri nama Coban Manten. Menurut cerita legenda Wisata Coban Manten atau dikenal juga sebagai Coban Kembar  merupakan coban yang berada di ketinggian 1.300 m dari permukaan air laut. Pada bagian bawah coban ini terdapat air terjun bernama Coban Dudo (tengah), yang kemudian mengalir ke bawah menjadi Coban Rondo.

Sumber air dari ketiga air terjun ini berada di atas Coban Manten ini, suatu dataran tanpa pohon satu biji pun di daerah kepundan. Perjalanan ke mata air ini membutuhkan perjuangan ekstra karena medan yang licin,  jarak yang lumayan jauh (3-4 km) dan harus melalui susur sungai. Maka dari itu coban ini jarang di datangi para wisatan mungkin hanya para pendaki gunung maupun para penikmat alam. Dinamakan Wisata Coban Manten karena ada dua air terjun yang berdiri sejajar layaknya pasangan pengantin di pelaminan. Tinggi airnya mencapai 85 meter.

Air terjun tersebut merupakan rangkaian air terjun yang paling atas setelah  Coban Tengah dan Coban Rondo, air terjun ini merupakan air terjun tertinggi dari ke 2 air terjun tersebut. Dalam perjalanan menuju tempat ini, memerlukan waktu sekitar 2 jam dari bumi perkemahan. Air terjun ini sangat direkomendasikan kepada pecinta alam maupun para penikmat alam. Bagaimana Anda penasaran ingin berkunjung dan menikmati pemandangan alam yang menyejukan mata, silahkan saja ke Coban Manten yang berlokadi di Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang (sekitar 4 km dari Coban Rondo).

Advertisement