Advertisement

Kota Malang masih menjadi primadona yang tepat untuk Anda berwisata. Kota berhawa sejuk ini menyimpan banyak potensi wisata bernuansa alam yang belum terjamah. Salah satunya adalah Air Terjun Sumber Pitu. Obyek wisata ini belum banyak dikenal masyarakat sehingga suasananya masih asri dan alami. Untuk itu Anda wajib memasukkan Air Terjun Sumber Pitu ke dalam list tujuan wisata selanjutnya. Air Terjun Sumber Pitu sendiri adalah sebuah tempat wisata alam yang terletak di Desa Duwet Krajan, sekitar 7 km sebelah timur Kota Tumpang.

Pemandangan alam yang cukup indah, daerah perbukitan yang banyak ditanami Apel dan sayuran menjadikan salah satu suguhan yang memanjakan mata. Di Sumber Pitu ini terdapat mata air yang jumlahnya banyak sekali, selain mata air juga terdapat goa peninggalan masa lalu dan terdapat pula sebuah air terjun yang diberi nama Ringin Gantung, dinamakan demikian karena disana terdapat pohon beringin yang menempel pada dinding tebing air terjun. Selama perjalanan, Anda akan disuguhi pemandangan yang eksotik. antara lain pemandangan perbukitan yang banyak ditanami apel milik warga, lahan sayur-sayuran, tebing dan bebatuan yang sangat memukau. Wisatawan juga akan melewati sungai yang jernih dengan beberapa air terjun kecil di sepanjang perjalanan. Bahkan, jika beruntung Anda akan menemukan beberapa monyet berkeliaran.

Sumber Pitu berasal dari mata air yang muncul di tujuh titik yang hampir berdekatan. Uniknya, mata air terjun ini berada di tebing dan air yang keluar dari tanah langsung menyembur sebagai air terjun yang jumlahnya sangat banyak. Debit sumber air di Sumber Pitu mencapai 1.600 L/detik. Mengingat banyaknya sumber dan debit air yang keluar tersebut, kemungkinan coban ini merupakan sungai di bawah tanah. Masyarakat setempat percaya bahwa Sumber Pitu masih ada hubungannya dengan Gunung Bromo. Air terjun Sumber Pitu ini sering digunakan masyarakat dari luar desa sebagai tempat ritual. Mereka percaya bahwa air yang langsung keluar dari tanah dan menyembur merupakan air suci. Banyak orang yang datang membawa botol dan diisi air untuk dibawa pulang atau diminum langsung.

Untuk mencapai Air Terjun Sumber Pitu, dapat ditempuh dengan menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat. Lokasinya masih satu jalur menuju Coban Pelangi dan Gunung Bromo.   Bila menggunakan kendaraan umum, dari pasar Tumpang naik angkutan kota jurusan ke Gubugklakah kemudian turun di pertigaan balai Desa Wringinanom. Di sini terpampang spanduk dan foto Air Terjun Sumber Pitu. Lokasi air terjun masih sekitar 3 km lagi. Dari sini, Anda harus belok kiri sampai menemui Balai Desa Duwet Krajan, lalu Anda bisa melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki sekitar 2 km.

Perpaduan antara keindahan, kedamaian, tantangan, serta panorama yang disuguhkan di Sumber Pitu sungguh memikat pengunjung yang datang. Tujuh air terjun setinggi sekitar 70 meter di tengah hutan melahirkan pesona luar biasa. Di dekat sumber ada pula hamparan rumput lebat yang bisa digunakan untuk bersantai.

Advertisement