Advertisement

Kota Wisata Batu merupakan salah satu kota di provinsi Jawa Timur yang terletak sekitar 15 km dari arah barat Kota Malang. Daerah Batu terkenal akan objek wisata dan iklimnya yang ramah, tidak salah jika banyak tempat wisata yang berdiri disini karena lokasinya yang strategis. Karena Kota Batu berada di ketinggian 680-1.200 meter dari permukaan laut membuat Kota ini bersuhu udara berkisar antara 15-19 derajat Celsius yang membuat KotaBatu menjadi salah satu Kota Dingin di Indonesia. Di kota ini terdapat berbagai macam objek wisata yang namanya sudah terkenal di seluruh provinsi Jawa Timur, bahkan hingga Pulau Jawa atau mungkin di Indonesia. Namun semua objek wisata yang berlokasi di Batu tersebut tidak lengkap jika belum singgah ke Alun Alun Kota Batu yang merupakan jantung Kota Batu sendiri.

alun-alun kota batu

Semenjak direnovasi dan dibuka kembali pada bulan Mei 2011, Alun-alun Kota Batu menjadi ikon baru pariwisata kota Batu. Alun-alun ini menjadi satu-satunya alun-alun di Indonesia yang memiliki Ferris Wheel atau Bianglala. Selain itu, alun-alun Kota Batu juga dilengkapi dengan berbagai macam fasilitas yang menarik. Bagi yang ingin menikmati panorama Kota Wisata Batu dan sekitarnya dari ketinggian, para pengunjung dapat menaiki “Bianglala” yang berputar pelan dari bawah hingga ke puncak berketinggian lebih dari 60m, hanya dengan harga tarif tiket Rp. 3.000,- per orang. Dari sana hamparan luas pegunungan dan hijaunya tanah hutan dan ladang pertanian masyarakat tampak menawan, disertai banyak bangunan perumahan penduduk, hotel berjajar rapi dan obyek-obyek wisata yang datar nan menjulang. Beberapa Playground anak juga bisa dinikmati secara gratis. Misalnya, ayunan, lorong-lorong menyembul laksana Goa yang dinaiki anak kemudian membiarkan diri badannya meluncur ke bawah, gugusan air mancur dari dasar tanah. Bahkan bagi anak yang menyukai dunia binatang seperti kelinci, singa, sapi perah, gajah, botol susu pasteuris juga tersedia di sana meski itu berbentuk replika dari semen maupun dari foam, malah di malam hari replika para binatang itu tampak menyala terang dengan lampion. Botol susu pasteuseris juga dipajang sebagai salah satu penghasilan masyarakat Kota Wisata Batu.

Dengan luas sekitar 1 hektar, Alun-alun Kota Wisata Batu itu tak hanya bersih, indah, namun modern. Acara-acara musik live seperti Sepak bola, Motor GP, Formula, juga ditayangkan melalui media Televisi besar 40” pada pintu masuk sebelah timur. Pun bagi para pengunjung yang ingin Online, sangat cocok mengoperasikan Laptop berWifisembari bersantai di area Alun-alun asri yang dipenuhi tetumbuhan segar dan bunga-bunga itu.
Disediakan toilet umum yang cukup bersih untuk para tamu. Bahkan, Pemkot melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Wisata Batu menyediakan layanan informasi pariwisata secara umum di Gedung Strawberry yang terletak di ujung paling barat Alun-alun ini.

Advertisement