Advertisement

Kota Malang merupakan salah satu kota sejuk nan indah yang berada di provinsi Jawa Timur. Kota ini terkenal dengan julukannya sebagai Kota Pelajar karena di kota ini terdapat sejumlah perguruan tinggi dan sekolah yang cukup terkenal. Selain disebut sebagai Kota Pelajar, Kota Malang juga memiliki julukan lain yang dikenal oleh masyarakat luas seperti Kota Militer, Kota Sejarah, Kota Bunga, Kota Kuliner, Kota Dingin dan tentunya Kota Wisata yang kini menjadi sentra wisata di Jawa Timur. Lokasi Jantung Kota ini sendiri terletak di Alun Alun Kota Malang yang berupa taman indah dengan beberapa pohon beringin yang rindang mengelilingi taman Kota. Alun-alun kota Malang adalah satu dari dua alun-alun yang dimiliki Malang. Alun-alun ini juga disebut dengan Alun-alun Jami’ karena letaknya tepat di depan Masjid Jami’ yang merupakan masjid kebanggaan warga Malang. Sedangkan alun-alun yang satunya lagi bernama Alun-Alun Tugu atau yang lebih familyar dengan sebutan alun-alun bundar, disebut demikian karena memang bentuknya lingkaran dan alun-alun ini terletak tepat di depan Balai Kota.

alun-alun kota malang

Alun Alun Kota Malang merupakan tempat favorit bagi warga Malang untuk bersantai bersama keluarga menikmati panorama Kota Malang sendiri. Di Alun Alun ini, Anda dapat menikmati keindahan air mancur taman yang terletak tepat di tengah Alun Alun Kota. Bukan hanya keindahan air mancur kota, ratusan burung merpati selalu menemani langkah Anda ketika berada di Alun Alun Kota Malang. Ratusan burung merpati tersebut memang ditempatkan dan dirawat di Alun Alun Kota Malang untuk lebih memberikan nuansa teman yang asri dan indah. Di Alun Alun Kota Malang ini juga terdapat fasilitas hotspot yang disediakan oleh PT. Telkom Indonesia untuk layanan pelengkap bagi pengunjung yang datang kesini.Bagi Anda yang ingin berkunjung ke tempat ini tidak perlu khawatir akan kelaparan, karena terdapat banyak penjual makanan serta minuman yang berada di sekitar lokasi.   Tapi yang perlu diperhatikan adalah kebersihan alun-alun, karena ternyata masih banyak pengunjung yang membuang sampah tidak pada tempatnya. Padahal hampir di setiap sudut alun-alun telah tersedia tempat sampah.

Alun-alun kota Malang merupakan ikon kota Malang yang juga sebagai tempat rekreasi yang tidak pernah sepi. Ada saja rombongan atau perorangan yang datang ke alun-alun ini. Mungkin karena letaknya yang strategis juga, tepat di jantung kota Malang dan dikelilingi oleh beberapa pusat perbelanjaan terkemuka, antara lain Sarinah, Ramayana, Malang Plaza, Mitra 1 dan masih banyak pusat perbelanjaan lainnya yang berlokasi kurang lebih 100m dari Alun Alun Kota. Selain pusat perbelanjaan, tepat di depan Alun Alun Kota Malang ini berdiri kokoh Masjid Agung Jami’ Kota Malang yang terkenal akan keindahan Masjidnya.

Advertisement