Advertisement

Salah satu objek wisata yang patut Anda kunjungi ketika sedang berwisata di Yogyakarta adalah Museum Benteng Vredeburg. Benteng yang dibangun pada tahun 1765 oleh Pemerintah Belanda ini dahulunya digunakan untuk menahan serangan dari Kraton Yogyakarta. Dengan parit yang mengelilinginya, benteng yang berbentuk segi empat ini memiliki menara pengawas di ke-empat sudutnya dan kubu yang memungkinkan tentara Belanda untuk berjalan berkeliling sambil berjaga-jaga dan melepaskan tembakan jika diperlukan. Lokasinya masih berada di kawasan Malioboro. Tepatnya di Jalan A. Yani No 6, Yogyakarta.

Awalnya usai di bangun benteng pada tahun 1787 diberilaha nama Rustenburg (benteng peristirahatan). Kemudian pada tahun 1867 di Kota Yogyakarta terjadi gempa bumi sehingga Benteng Rustenburg mengalami kerusakan. Setelah diadakan pembenahan, nama Rustenburg diganti menjadi Vredeburg yang berarti “Benteng Perdamaian“. Sebelum Benteng Vredeburg dibangun pada lokasinya yang sekarang, pada tahun 1760 atas permintaan Belanda, Sultan Hamengku Buwono I membangun sebuah benteng sederhana berbentuk bujur sangkar. Di keempat sudutnya dibuat tempat penjagaan yang disebut seleka atau bastion. Keempat sudut tersebut diberi nama masing-masing Jayawisesa yang berarti “sudut barat laut”, Jayapurusa  yang berarti “sudut timur laut”, Jayaprakosaningprang yang berarti “sudut barat daya” dan satu lagi yakni Jayaprayitna yang berarti “sudut tenggara”.

Beberapa koleksi yang ada di Benteng Vredeburg ini adalah koleksi bangunan yang mempunyai funsi masing masing, seperti contohnya selokan yang mengelilingi benteng yang dulungan adalah rintangan untuk membentengi musuh. Juga ada jembatan yang dulunya adalah jembatan gantung, juga terdapat bangunan yang dulunya berfungsi sebagai barak prajurit. Di Benteng Vredeburg ini juga terdapat koleksi realita yang merupakan koleksi berupa benda (material) yang benar-benar nyata. Bukan tiruan. Dan berperan dalam suatu proses terjadinya peristiwa sejarah. Seperti diantaranya alat rumah tangga, senjata, pakaian, peralatan dapur, dan masih banyak lagi benda benda bersejarah yang tertata dengan rapi di dalam salah satu ruangan yang terdapat di Museum Benteng Vredeburg ini

Advertisement