Advertisement

Bandung memang menjadi surganya para traveller. Terdapat banyak tempat wisata yang dapat Anda kunjungi di Bandung, baik itu wisata alam maupun wisata modern. Salaha satu wisata alam yang wajib Anda kunjungi ketika sedang berada di Bandung adalah Wisata Ciater Subang. Tempat pemandian air panas Ciater ini berada di Kecamatan Ciater, Kabupaten Subang, Jawa Barat. Lokasi Pemandian Air Panas Ciater persis berada di perbatasan antara Bandung dan Subang, lebih tepatnya bersebelahan dengan Lembang.

Sumber air panas di pemandian Ciater ini berasal dari Gunung Tangkuban Perahu, dengan suhu antara 43 – 46 Celcius. Pemandian air panas Ciater ini tak hanya digemari warga Jawa Barat, melainkan banyak pula warga ibukota yang datang mengunjunginya. Apalagi saat libur telah tiba. Ada banyak tempat-tempat menarik di Ciater yang dapat Anda nikmati, tentu saja masing-masing tempat menawarkan aneka kegiatan yang mengasyikan. Diantaranya adalah bersepeda, berenang, memancing, berperahu dan mendayung, arung jeram, berkuda, tenis lapangan, basket, voli, mini golf, gokart, berkemah, outbond, wahana permainan anak-anak, jalan-jalan di perkebunan teh, sampai mengunjungi tempat kerajinan keramik Ciater.

Untuk dapat masuk ke tempat Wisata Ciater Subang ini, Anda harus membayar tiket masuk wisata sebesar Rp. 14.000 dan untuk menikmati Pemandian Air Panas Ciater Subang, maka Anda harus membayar tiket mandi air panas mulai dari Rp. 20.00 hingga Rp. 50.000 per orang (tergantung jenis kolam yang Anda pilih). Harga kolam pemandian air panas Ciater yang bervariasi ini menjadi opsi yang dapat Anda pilih sesuai dengan keinginan Anda. Air panas di Ciater mengandung kalsium, magnesium, chloride, sulfat, thermo, mineral, serta hypertherma dengan kadar aluminium yang tinggi yaitu 38,5 equiv persen, juga dengan tingkat keasamannya yang sangat tinggi, yaitu ph 2,45.

Air panas di Ciater ini dapat mengobati penyakit kulit, juga berkhasiat untuk terapi penyembuhan rematik, gangguan syaraf dan tulang, serta penyembuhan kelumpuhan yang diakibatkan oleh penyakit darah tinggi atau stroke. Oleh karena itu, sejumlah tempat di Ciater juga menyediakan fasilitas terapi pengobatan. Ini tentu akan sangat bermanfaat bagi mereka yang hendak melakukan terapi berendam air panas alam secara rutin. Tempat wisata Pemandian Ciater juga menawarkan beragam fasilitas yang dapat Anda nikmati, di antaranya fasilitas olahraga dan permainan, kolam pemancingan, wahana anak-anak, tempat outbond, bumi perkemahan, dan aneka fasilitas penunjang lainnya.

Advertisement