Advertisement

Bungong Jeumpa merupakan sebuah rumah makan yang menyajikan hidangan khas Aceh, Bungong Jeumpa sendiri artinya Bunga Jumpa, jenis bunga yang banyak tumbuh di Provinsi Aceh yang bentuknya menyerupai Bunga Cempaka. Dengan mengusung konsep tatanan rumah makan yang simpel, nyaman, dengan pilihan duduk di area indoor maupun outdoor, dengan bangunan dua lantai, di lantai dua bisa digunakan untuk meeting, acara ulang tahun, syukuran wisuda, arisan dan lain-lain dengan fasilitas AC. Alasan memilih cat warna merah sebagai ciri khas rumah makan ini karena merah itu merefleksikan rasa berani. Hal ini di ibaratkan sebagai keberanian untuk menikmati setiap sajian yang dihadirkan di Rumah Makan Bungong Jeumpa ini. Pasalnya sebagian besar menu yang ditawarkan di Kedai khas Aceh ini bercitarasa gurih dan pedas, selain tentunya kuat bumbu rempahnya.

Jadi bagi Anda yang menggemari kuliner bercita rasa pedas, wajib sekali untuk mencoba hidangan di Kedai Bungong Jeumpa ini. Untuk masalah menu, di Cafe Bungong Jeumpa ini sangat variatif, untuk menu makanan rumah makan ini menyediakan beragam menu seperti 17 macam Roti Cane, 13 jenis Martabak, 18 variasi Mie Aceh, 14 macam, Masakan Aceh seperti Kari Kambing, Rendang, Pepes, Kari Bebek juga Ayam, beragam menu minuman mulai dari aneka Milkshake, aneka Float, minuman Teh, Jeruk, Kopi, Susu, bermacam Jus Buah Segar, Es Dawet, Es Kelapa Muda, Es Dawet Durian. Secara keseluruhan semua menu recommended, namun bila Anda bingung menentukan pilihan, Anda bisa mencoba menu Nasi Gurih yang disajikan bersama Telur, Ikan Lele, Ayam Goreng, Rendang Ayam atau Sapi, Pepes, dan lain-lain, rasanya hampir mirip dengan Nasi Uduk.

Sedangkan untuk minumannya, tentunya yang menarik untuk dicoba adalah Teh Tarik, dengan bahan utama Teh pilihan (diracik secara manual bukan teh tarik instan) tehnya ditarik menggunakan teknik khusus sehingga menghasilkan buih yang alami, segar dinikmati dingin dengan es batu, namun tak kalah nikmatnya bila disajikan panas. Bila ingin mencicipi makanan ringannya, Anda bisa mencoba Martabak Telur Khas Aceh, Martabak Udang, Martabak, Daging Sapi, Isi Sosis, Isi Rendang Sapi, dan lain-lain atau camilan manis seperti Roti Cane dengan beragam varian rasa seperti Cane Kuah Kari, Keju, Susu, Kuah Durian, Cane Dobel Es Krim dan banyak lagi lainnya.

Untuk harganya, Anda tidak perlu khawatir karena kesemua menu yang ditawarkan di Bungong Jeumpa ini dihargai terjangkau yakni untuk menu Roti Cane di bandrol dari mulai Rp. 6000 – Rp.15.000, varian Martabak Aceh mulai dari Rp. 7.000 – Rp.13.500, menu Minuman atau Aneka Juice mulai dari Rp. 2.500 -Rp. 9.000, Mie Aceh mulai Rp. 7.500, Nasi Goreng mulai dari Rp. 8.000, Golongan menu Nasi Lauk dan Nasi Gurih harganya mulai dari Rp. 6.500 – Rp. 13.500 saja. Bagaimana penasaran ingin mencoba kuliner khas Aceh, silahkan saja Anda datang langsung ke Rumah Makan Bungong Jeumpa.

Kedai Bungong Jeumpa sendiri terlah memiliki dua cabang yang tersebar di Kota Jogja, yakni yang pertama berlokasi di Jalan R. W. Monginsidi No. 40-B (Belakang Borobudur Plaza) dan satu lagi di daerah Demangan Baru dekat Kampus Universitas Atmajaya. Bungong Jeumpa juga menerima pesanan nasi kotak dengan kemasan yang eksklusif serta berbagai pilihan macam menu untuk acara spesial seperti misalnya perayaan ulang tahun, syukuran, pernikahan, pengajian, arisan, rapat, dan lain-lain. Pesanan order untuk acara tertentu bisa disajikan pula dengan gaya prasmanan atau stand masak di lokasi acara.

Advertisement