Advertisement

Di Kota Malang terdapat beraneka ragam wisata bersejarah. Candi Singosari merupakan salah satu dari sekian banyak jenis wisata bersejarah yang berada di kawasan Kota Malang dan sekitarnya. Candi ini terletak di Desa Candirenggo, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang atau berada kurang lebih 11 km di sebelah utara dari pusat kota Malang. Candi Singosari pertama kali ditemukan pada abad ke-18. Candi ini dipercaya sebagai peninggalan bersejarah dari Kerajaan Singhasari. Candi Singosari juga merupakan makam Raja Kertanegara (1268 – 1292) sebagai Bhirawa atau Dewa Syiwa dalam bentuk karakter yang jahat. Dahulunya Candi Singosari memiliki beberapa sebutan lain seperti Candi Menara, Candi Cella dan Candi Cungkup, Candi Ken Dedes. Namun seiring berjalannya waktu, Candi ini akhirnya banyak dikenal dengan nama Candi Singosari hingga sekarang.

Candi Singosari berbentuk bujur sangkar dengan memiliki struktur arsitektur yang unik dan banyak dihiasi dengan ornamen ukiran, arca, dan relief yang dapat dipandang dari berbagai sudut candi. Jika melihat kedalam ruang utama candi, Anda akan dapat menemukan sebuah arca lingga dan batu yoni. Begitu pula disetiap bilik-bilik lain seperti di bagian utara dulunya berisi arca Durga (namun sekarang sudah hilang), arca Ganesha dibagian timur dan arca Siwa-Guru (Resi Agastya) yang berada di sisi selatan Candi. Hal ini membuktikan bahwa Candi Singosari merupakan warisan sejarah yang bersifat campuran antara Siwa-Budha. Di sebelah utara candi terdapat 2 patung raksasa setinggi 4 meter yang disebut dengan Dwarapala, yang konon menjadi satu-satunya patung raksasa yang tidak dapat ditemui di candi mana pun selain di Candi Singosari ini. Bukan hanya itu, di Candi Singosari juga terdapat arca Prajnaparamita (dewi kebijaksanaan) yang sekarang sudah ditempatkan di Museum Nasional Indonesia, Jakarta.

Untuk akses menuju ke lokasi candi, jalan yang ditempuh cukup mudah para wisatawan bisa berpatokan dari Pasar Singosari sekitar 500 meter menuju areal candi. Perjalanan tersebut dapat ditempuh dengan berjalan kaki atau menumpang becak. Keuntungan lain bagi para wisatawan yang berkunjung ke Candi Singosari, selain menambah wawasan tentang sejarah budaya, Anda juga tidak dipungut biaya ketika menikmati wisata sejarah di Candi Singosari ini.

Advertisement