Advertisement

Jogja tak hanya dikenal dengan kekayaan kuliner-kuliner aslinya saja, tetapi juga bisa dibilang tempat berkumpulnya berbagai kuliner dari seluruh daerah, mulai dari ujung barat Indonesia sampai ujung timur Indonesia, kamu bisa menemukannya disini, bahkan kuliner-kuliner luar negeri. Tak hanya sangat mudah untuk menemukannya, tapi harga yang ditawarkan juga relatif murah. Nah, ada salah satu jalan di kota Jogja yang menjadi sentra salah satu minuman khas dari Banjarnegara, yakni Dawet Ayu Banjarnegara. Anda bisa menemukan penjaja minuman segar ini di Jalan Kusbini Balai Yasa, Yogyakarta. Di sepanjang jalan yang tak lebih dari 400 meter itu, ada sekitar 9 – 10 penjual Dawet ayu yang menjajakan dagangan mereka.

Anda bisa memilih tempat mana yang akan Anda singgahi. Para penjual Dawet Ayu Banjarnegara ini menjajakan dagangan mereka tentu dengan ciri khasnya, yakni angkringan dawet ayu. Dengan bangku-bangku yang berjajar, dibawah pohon-pohon besar, dan semilirnya angin, Jalan Kusbini bisa jadi tempat yang cocok untuk beristirahat siang sambil bercengkaram dengan teman-teman. Salah seorang penjual Dawet Ayu yang berasal dari Banjarnegara bercerita kalau Jalan Kusbini ini memang sejak dulu sudah menjadi tempat yang dikenal dengan dawet ayu-nya. Beliau sendiri telah berjualan selama hampir 13 tahun lamanya. setiap harinya, satu angkringan Dawet Ayu Banjarnegara bisa menghabiskan sekitar 250 gelas dawet ayu yang segar ini.

Tak hanya itu, para penjual dawet ayu itu juga banyak yang sudah memiliki pelanggan tetap. Jika Anda merupakan penggemar berat dawet ayu Banjarnegara, Anda bisa datang kesini setiap hari. Di Jalan Kusbini ini, tak peduli mau panas atau hujan, pasti tetap ada penjual dawet ayu yang berjualan. Hanya dengan merogoh kocek sekitar Rp. 2.500 saja untuk setiap gelasnya, Anda sudah bisa menikmati manis dan segarnya Dawet Ayu khas Banjarnegara.

Advertisement