Advertisement

Candi Gedong Songo merupakan salah satu kompleks percandian yang mengusung langgam India dan sudah terpengaruh budaya lokal. Kompleks Candi Gedong Songo ini terletak pada ketinggian 1200 m dpl, tepatnya di lereng Gunung Ungaran. Tak ada data pasti yang menyebutkan kapan candi ini dibangun. Namun dilihat dari peninggalan artefak di sekitar candi serta kemiripan fisik dengan candi di Dataran Tinggi Dieng, para ahli menyimpulkan bahwa Candi Gedong Songo dibangun pada kurun waktu yang sama, yaitu sekitar abad VII – IX pada masa pemerintahan Dinasti Sanjaya.

Sebelum dinamakan Gedong Sembilan, kompleks percandian ini bernama Gedong Pitoe, karena saat pertama kali ditemukan hanya ada tujuh kelompok bangunan. Setelah ada penemuan dua kompleks baru, candi pun dinamai Candi Gedong Songo yang berarti sembilan kompleks bangunan. Namun saat ini yang bisa dilihat oleh wisatawan hanyalah lima kompleks, sebab empat kompleks lainnya tinggal puing-puing dan sudah diamankan oleh Dinas Purbakala.

Perjalanan menuju Kompleks Candi Gedong Songo merupakan tantangan tersendiri karena harus melewati tanjakan curam dan tikungan tajam. Namun perjuangan Anda menembus medan yang berat tentu akan sebanding dengan keindahan yang didapatkan. Dari pintu gerbang sudah terlihat kompleks candi yang berdiri dengan anggun dan megah di lereng gunung, berderet-deret dari bawah hingga atas. Aroma tanah basah, rumput yang habis dipotong, getah pinus, semerbak wangi bunga liar, dan udara sejuk pegunungan memberikan sensasi tersendiri. Cahaya matahari yang menerobos turun melewati celah pucuk-pucuk pinus dan menyinari bangunan candi menjadi lukisan pagi yang sempurna.

Untuk menikmati keseluruhan bangunan candi ada dua cara yang bisa ditempuh, yang pertama adalah berjalan kaki sepanjang 4 km menyusuri jalan berbatu mulai dari Candi Gedong I hingga Candi Gedong V, atau menunggang kuda dengan rute sebaliknya. Untuk dapat menikmati keindahan bangunan peninggalan kerajaan ini, Anda harus membayar tiket masuk terlebih dahulu dengan harga :

  • Tiket masuk obyek wisata  :  Rp. 5.000
  • Tarif berkuda paket Candi Gedong Songo  :

Wisatawan domestik Rp. 50.000
Wisatawan mancanegara Rp. 70.000

  • Tarif berkuda paket wisata desa  :

Wisatawan domestik Rp 25.000
Wisatawan mancanegara Rp. 35.000

  • Tarif berkuda ke sumber air panas  :

Wisatawan domestik Rp. 40.000
Wisatawan mancanegara Rp. 60.000

Bagaimana penasaran dan tertarik untuk menimati keindahan bangunan peninggalan kerajaan yang berlokasi di Lereng Gunung Unggaran, silahkan saja Anda datang langsung ke Candi Gedong Songo yang berlokasi di Desa Candi, Bandungan, Semarang.

Advertisement