Advertisement

Museum Ranggawarsita merupakan sebuah tempat konservasi sekaligus tempat untuk belajar tentang sejarah kehidupan dan kebudayaan Jawa, Selain itu Museum Negeri Ranggawarsita juga menyimpan puluhan ribu koleksi yang tertata apik baik di dalam maupun di luar ruangan.  Ranggawarsita sendiri merupakan nama dari sebuah pujangga besar. Karena karya-karyanya menginspirasi banyak orang, nama Ranggawarsita diabadikan menjadi nama Museum Negeri di Jawa Tengah yang menyimpan koleksi benda-benda sejarah, arkeologi, geologi, numismatik, dan budaya Jawa.

Pertama kali memasuki ruang pamer, Anda akan disambut dengan gunungan kayu atau gunungan blumbungan yang dipopulerkan oleh Raden Patah pada abad 15. Gunungan yang menggambarkan alam semesta, manusia, dan lingkungannya merupakan simbol filosofi masyarakat Jawa. Gunungan yang juga melambangkan babak baru dalam cerita seolah menjadi gerbong pembuka kisah yang dirangkai di Museum Negeri Ranggawarsita. Koleksi museum disusun berdasarkan periodisasi waktu, mulai dari proses terbentuknya planet dan alam semesta, hewan dan manusia purba, sejarah peradaban yang muncul di Indonesia dan Jawa Tengah pada khususnya, hingga kebudayaan masa kini. Salah satu koleksi yang sering mengundang decak kagum adalah koleksi emas yang terdiri dari aneka perhiasan hingga benda-benda sarana upacara keagamaan serta mata uang.

Tak hanya itu, Museum Negeri Ranggawarsita juga memiliki koleksi wayang yang sangat beragam mulai dari wayang kulit, wayang beber, wayang krucil, wayang kayu, wayang potehi, hingga wayang kontemporer. Bagaimana penasaran ingin berkunjung, silahkan saja Anda datang langsung ke Museum Ranggawarsita yang berlokas di Jalan Abdulrahman Saleh No. 1, Semarang. Museum Ranggawarsita ini buka setiap hari senin sampai dengan minggu sejak pukul 08.00 hingga pukul 15.30. Untuk dapat masuk ke Museum Ranggawarsita ini Anda akan dikenakan tiket seharga Rp. 4.000 untuk dewasa dan Rp. 2.000 untuk anak-anak.

Advertisement