Advertisement

Kebun Binatang Mangkang Semarang atau lebih dikenal dengan nama Bonbin Semarang pertama berada di tempat yang sekarang menjadi kawasan Taman Budaya Raden Saleh dan Wonderia. Lalu pada tahun 1985 Bonbin Semarang direlokasi ke daerah Tinjomoyo. Dan pada tanggal 28 Februari 2007 Bonbin Semarang pindah lagi menempati areal baru di daerah Mangkang, tepatnya di Jalan Walisongo KM 16, seberang Terminal Mangkang. Harga tiket tanda masuk cukup terjangkau, pada Minggu / hari besar sebesar Rp. 7.500,-.

Bonbin Mangkang Semarang ini berada di bawah Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Pemerintah Kota Semarang. Bonbin ini merupakan Taman Margasatwa, tempat rekreasi, konservasi dan pendidikan. Bonbin Semarang ini memiliki areal seluas 9 hektar. Ada satwa yang ditempatkan di kandang, ada juga yang di ruang terbuka sesuai habitatnya. Fasilitas yang dimiliki Bonbin Mangkang yakni diantaranya menaiki gajah, kereta mini, becak air dan perahu untuk menyusuri danau buatan sambil ditemani burung pelikan yang berenang dengan bebas di danau tersebut.

Selain itu juga terdapat pula fasilitas lain seperti arena mainan, museum pesawat, water boom, dan kolam keceh. Bila lelah berkeliling melihat koleksi binatang, anak-anak juga bisa mencoba fasilitas Jaring Laba-Laba, Flying Fox dan lain sebagainya. Bonbin Mangkang Semarang paling ramai dikunjungi pada hari Minggu atau hari libur. Pada akhir pekan, jumlah pengunjung bisa mencapai 1000 orang per hari. Sedangkan hari biasa pada kisaran 100 orang per hari. Berikut sebagian dari koleksi satwa Bonbin Semarang:

  • Burung Cangak Merah – Ardea Purpurea
  • Pelikan – Pelecanus Cospicillatus
  • Komodo – Veranus Komodoensis
  • Rusa Tutul – Axis Axis
  • Rusa Timor – Cervus Timorensis
  • Gajah Sumatera – Elephas Maximas Sumatranus
  • Merak Hijau – Pavo Muticus, dan masih banyak lagi koleksi satwa lainnya.

Bagaimana ingin berlibur sekaligus menambah ilmu pengetahuan pula, silahkan Anda berkunjung ke Kebun Binatang Mangkang Semarang yang berlokasi di  Jalan Raya Mangkang km 17, Semarang.

Advertisement