Advertisement

Air Terjun Benowo atau yang biasa disebut dengan Curug Benowo merupakan lokasi wisata yang sangat indah yang tersembunyi di dalam hutan lebat di lereng Gunung Ungaran. Curug Benowo sendiri berlokadi di Desa Kalisidi, Kecamatan Ungaran Barat, Kabupaten Semarang. Curug dalam Bahasa Jawa berarti Air Terjun. Eksotisme Curug Benowo ini mungkin sulit untuk dicapai orang kebanyakan, karena tempatnya benar-benar alami, jalannya setapak, naik turun, mungkin hanya direkomendasikan pada para pecinta alam atau mereka yang suka tantangan, tidak untuk kebanyakan orang apalagi rekreasi keluarga. Dibalik sulitnya medan menuju lokasi akan terbayarkan oleh keindahan pesona alam curug Benowo ini dan pemandangan air terjun yang eksotis.

Di dekat Curug Benowo ini juga terdapat curug lainnya, yaitu Air Terjun Lawe yang tak kalah indahnya. Cara untuk menuju ke Curug Benowo dapat melewati Alun-Alun Ungaran ke arah Mapagan (Jalan ke arah Gunungpati), setelah menemukan gapura “Selamat datang Kampus Di Sekaran Gunungpati” maju lagi sekitar 1.700m, di sisi kanan jalan ada Makam Darul Mukminin Siplaosan Sumurgunung belok kiri masuk ke Jalan Dukuh Sumur Gunung. Pada koordinat ini adalah posko, dimana kendaraan atau mobil diparkir untuk melanjutkan perjalanan dengan jalan kaki. Keindahan air terjun ini akan dapat dinikmati setelah berjalan menyusuri jalan setapak selama kurang lebih 2 jam dari posko.

Jalan setapak yang dihiasi dengan nuansa alam yang masih asli akan membimbing sampai di tempat tujuan. Di sini juga terdapat jasa pemandu jika kita bingung untuk menuju air terjun Curug Benowo. Semua kelelahan yang kita dapatkan dalam perjalanan akan segera tersingkirkan ketika kita sampai di hadapan air terjun Curug Benowo. Sepoi angin yang timbul karena tekanan air terjun yang jatuh dari atas akan membasuh seluruh badan kita bersama dengan serpihan air yang dingin dan menyejukkan. Di dekat Curug Benowo ini juga terdapat curug lainnya, yaitu Curug Lawe yang tak kalah indahnya.

Advertisement