Advertisement

Pernahkan Anda mencoba mengunjungi suatu Eco-Wisata tempat wisata yang dikelola secara swadaya oleh masyarakat, dengan menawarkan keindahan alami dan tingkat keseruan yang menantang ketika menjelajahinya. Tepatnya di Desa Purwodadi, Kecamatan Tirtoyudo, Kabupaten Malang, terdapat Eco Wisata Bowele yang menawarkan keindahan alami Pantai Selatan Pulau Jawa, dengan ombaknya yang besar, sehingga cocok untuk olah raga surfing. Disisi pantai yang lain pantainya jauh lebih tenang, air laut terlihat biru terang dan kehijauan, sehingga coral-coral dibawahnya bisa terlihat dengan jelas jadi sangat memungkinkan untuk digunakan snorkling.

Serta di sudut pantai yang lain, ada air terjun setinggi dua meter yang jatuh langsung ke pasir pantai, yang memberikan kesegaran air tawar setelah seharian bermain di air laut. Dan yang tak kalah seru kita bisa memasuki beberapa gua yang menjadi sarang ratusan kelelawar dan bertengger di dinding-dinding gua dan pohon-pohon besar. Nama Eco-Wisata Bowele merupakan singkatan dari nama tempat yang dijadikan destinasi wisata unggulan Eco Wisatanya, yakni ‘Bo’ pantai Bolu-Bolu, ‘We’ pantai Wediawu dan ‘Le’ Pantai Lenggoksono.

Pantai Bolu-bolu, memiliki hamparan pasir yang halus, air laut yang biru, suasana pepohonan asri yang semakin membuat para pengunjung serasa memiliki pantainya sendiri. Pantai Wediawu dan Pantai Lenggoksono hampir memiliki karakteristik yang sama, yakni memiliki garis pantai yang panjang, dengan ombak yang cukup besar 2-3 meter, memiliki dasar berpasir, sehingga pantai ini cocok bagi para peselancar pemula atau anda yang ingin belajar surfing dan merasakan sensasi meluncur diatas papan dengan didorong ombak. Kawasan Ekowisata ini juga memiliki beberapa lokasi istimewa lain, yaitu Banyu Anjlok, yakni air terjun yang langsung turun ke pasir pantai, dengan ketinggian 12 meter dan air yang jatuh menyebar sepanjang tebing membuat air terjun ini sangat terlihat begitu indah, bahkan dari kejauhan kita bisa melihat buih-putih airnya yang menurun tebing.

Air terjun Banyu Anjlok ini berasal dari mata air di hulu sungai, yang mengalir disepanjang bukit. Karena itulah air terjun ini seakan menjadi oasis yang menyegarkan tubuh kita setelah seharian bermain di air laut. Tepat di sebelah kanan air terjun, terdapat goa, yang hanya bisa terlihat bila kita menerobos air terjun, goa ini masih belum di explore lebih jauh tapi bila Anda masuk beberapa langkah gua ini terasa sangat pengap dan gelap. Untuk mencapai lokasi wisata di Eko-Wisata Bowele memiliki tandangan sendiri, yakni Anda perlu mengunakan perahu (spit-perahu fiber dengan mesin tunggal) untuk keluar dari satu lokasi dan menuju lokasi lainnya.

Ketika berangkat, Anda harus siap untuk menerjang ombak yang mengulung-gulung ke arah pantai, kemudian selama menuju ke lokasi kita akan disambut oleh ombak yang terus menerus mengoyang perahu. Meskipun sudah memakai life-jacket namun harus terus berpengangan supaya tidak terpental dari perahu. Begitu akan mencapai tepian pantai perahu harus segera di pinggirkan agar tidak tergulung oleh ombak. Dengan berwisata ke Eko-Wisata Bowele juga turun memberikan kontribusi ekonomi terhadap masyarakat Desa Sekitar, karena uang yang dikeluarkan akan digunakan masyarakat untuk membangun Desa dan memperbaiki lokasi wisata itu sendiri.

Advertisement