Advertisement

Kota Bandung, terutama yang berada di bagian utara memang mempunyai banyak tempat wisata yang indah yang bisa dinikmati oleh banyak orang yang sedang berkunjung disana. Tidak hanya masyarakat dari dalam Kota Kembang ini saja, bahkan orang dari luar kota maupun turis mancanegara berdatangan ingin menikmati banyaknya tempat wisata yang ada di kota Bandung yang sejuk ini. Curug Dago Bandung merupakan salah satu objek wisata yang sangat sayang jika tidak dikunjungi oleh Anda yang sedang melintas atau dengan sengaja melakukan perjalanan ke wilayah Taman Hutan Raya. Curug ini berada di Bukit Dago, sebelah selatan area Taman Hutan Raya Juanda atau lebih popular dengan Dago Pakar yang juga satu area dengan Goa Jepang, Goa Belanda dan berdekatan dengan Taman Budaya Bandung.

Curug Dago merupakan sebuah air terjun dengan ketinggian sekitar 12 meter dan berada pada 1310 meter di atas permukaan laut yang merupakan terusan sungai Cikapundung. Curug Dago Bandung ini ternyata mempunyai sejarah yang berhubungan dengan Negara Thailand. Namun sayangnya tidak ada banyak orang yang tahu tentang sejarah ini sehingga kebanyakan orang menganggap bahwa ini hanyalah sebuah curug biasa saja. Namun bekas sejarah bisa terlihat dari prasasti yang ada disana. Tak jauh dari lokasi air terjun ada dua prasasti yang sarat dengan nilai sejarah peninggalan tahun 1818 M.

Keadaan Curug Dago Bandung dulu dan kini sudah banyak berubah. Namun meski kini warna air di sungainya tidak sejernih dahulu, namun hal tersebut tidak mengurangi antusiasme para pengunjung untuk menikmati keindahan alam air terjun ini. Terdapat cukup banyak fasilitas di sekitar objek wisata Curug Dago ini yang semakin membuat wisatawan betah berlama lama berada di sini. Wisatawan yang datang ketempat ini dapat menginap di hotel, villa dan penginapan yang ada di kawasan Dago. Bagaimana tertarik untuk berkunjung dan menikmati udara alam yang sejuk di Curug Dago Bandung, silahkan saja Anda berkunjung ke kawasan Desa Dago, Kecamatan Coblong, Kota Bandung, Jawa Barat.

Advertisement