Advertisement

Kampoeng Wisata Taman Lele merupakan salah satu objek wisata keluarga andalan yang ada Kota Semarang. Tempat ini disebut Taman Lele karena tempat ini dahulu merupakan sebuah kebun jambu keluthuk yang terdapat pohon beringin raksasa, dan di bawahnya terdapat sumber mata air yang penuh dengan ratusan ikan lele. Berdiri di atas tanah seluas 22.173 meter persegi, Wisata Taman Lele menyediakan aneka objek wisata lengkap bersama keluarga. Sejarah dibangunnya Taman Lele berawal saat terjadi pemindahan kebon binatang Tegalwareng yang berada di Jalan Sriwijaya Semarang (sekarang menjadi tempat wisata Wonderia) pada tahun 1985.

Pemindahan tersebut dikarenakan banyaknya binatang yang stress dan sakit yang kemudian mati karena terganggu hiburan malam. Lahan yang ada menjadi terasa sempit dan polusi dari limbah kotoran binatang dirasa mengganggu kesehatan penduduk di sekitar lokasi. Kebun binatang pun dipindah ke dua lokasi baru yaitu di Taman Lele dan di Tinjomoyo yang pada akhirnya Margaraya Tinjomoyo dipindah ke Taman Margasatwa Mangkang. Kampoeng Wisata Taman Lele yang memiliki luas lebih dari 22.173 hektar ini memiliki danau buatan yang dikelilingi gazebo serta dapat dinikmati dengan menaiki perahu bebek. Selain itu juga terdapat tempat penginapan, sepeda air, permainan anak, kolam renang dan juga memiliki kebun binatang mini yang memelihara beberapa aneka satwa seperti merak, ular phyton, buaya dan berbagai jenis burung. Tempat ini cocok untuk persinggahan bagi mereka yang berkunjung ke Semarang melalui jalan darat atau jalur pantura (Semarang-Jakarta), karena lokasinya yang memang persis berada di jalur tersebut.

Di Taman Lele ini juga dilengkapi hotel dengan fasilitas TV, AC dengan harga terjangkau. Kawasan Wisata Taman Lele buka setiap hari dengan harga berbeda-beda. Untuk hari Senin-Sabtu pengunjung diharuskan membayar Rp 3.000 per orang. Sedangkan hari Minggu, pengunjung diminta membayar Rp 3.500 per orang. Khusus Lebaran, harga masuk naik hampir dua kali lipat, yaitu Rp 6.000 per orang. Di danau buatan, wisatawan yang datang bisa menikmati keindahan danau dengan menaiki perahu bebek. Cukup membayar Rp. 10.000 untuk satu perahu, pengunjung bisa mengitari danau buatan ini sepuasnya. Bagaimana penasaran ingin berkunjung ke Kampoeng Wisata Taman Lele Semarang, silahkan saja Anda datang ke Jalan Raya Walisongo KM 10 Kecamatan Ngaliyan, Semarang.

Advertisement