Advertisement

Ketoprak merupakan kuliner perpaduan antara tahu, bihun, mentimun, taoge dan bisa juga memakai telur rebus yang dilengkapi dengan saus kacang, kecap manis, dan taburan bawang merah goreng. Dapat pula dihidangkan dengan tambahan kerupuk atau emping melinjo. Beberapa versi ada pula yang menyertakan tempe sebagai komponennya. Alat yang digunakan untuk mengolah ketoprak tidaklah sulit anda hanya butuh Ulekan dan pisau. Salah satu ketoprak yang cukup terkenal di Kota Jogja adalah Ketoprak Pak kabul.

Disela-sela pekerjaannya terkadang Pak Kabul menceritakan kepada pelanggannya yang kebetulan sedang antri, pengalaman beliau pertama kali berjualan ketoprak di daerah Sidoarum Godean. Selama tujuh tahun berdagang ketoprak, dihabiskan selama lima tahun berjualan keliling di seputaran Kwarasan, Patran dan Nogotirto, dan baru dua tahun ini ngetem di depan Ruko Sidoarum. Selama lima tahu berdagang keliling, Pak Kabul memutuskan untuk ngetem di depan Ruko Sidoarum, di luar dugaannya ternyata animo pelanggan dan masyarakat sekitar tetap tidak berubah. Mereka rela meluangkan waktu untuk membeli ketoprak olahan dari beliau.

Dengan cekatan kedua tangan Pak Kabul menyelesaikan tugasnya dalam meracik bumbu  yang ada di depannya, dari mulai tahu, ketupat hingga taoge yang siap ditaburi bumbu kacang untuk dihidangkan.  Itulah kesibukan Pak Kabul dalam meracik ketoprak bagi para pelanggan yang antri menunggu pesanannya. Bagaimana penasaran ingin mencoba, silahkan saja Anda datang langsung ke Ketoprak Pak Kabul yang berlokasi di Jalan Godean, Sidoarum - Yogyakarta.

Advertisement