Advertisement

Siapa yang tidak terpana tatkala melihat bentang alam Gunung Kidul yang menantang, bukit-bukit karang, ladang dan penjual belalang di sepanjang jalan. Perjalanan yang akan membawa Anda ke pantai-pantai rupawan ini memperlihatkan dengan gamblang bagaimana orang Gunung Kidul bersinergi dengan alam. Keika sedang di perjalanan tak ada salahnya Anda mampir dulu di Sego Abang Mbah Jirak, rumah makan legendaris Lesehan Pari Gogo yang lebih terkenal di kalangan pejalan daripada penduduknya sendiri. Suasana di dalam rumah makan ini begitu tradisional. Di dinding-dinding yang berbahan gedhek dan kayu, terpasang foto-foto orang terpandang, mulai dari Mantan Presiden Megawati sampai Sultan Hamengku Buwono X.

Mereka nampak riang menyantap hidangan sego abang (nasi merah). Hidangan favorit yang patut Anda coba adalah menu nasi merah, empal, usus goreng, ayam goreng, wader goreng, sayur lombok ijo dan trancam, sungguh menu hidangan tersebut mampu menggugah selera makan Anda. Nasinya empuk dan gurih, berbeda dengan yang biasa kami makan. Lauknya lezat berpadu dengan sayur nan gurih dan segar menghadirkan pengalaman kuliner yang menyenangkan. Rahasia di belakang nikmatnya nasi merah ini. Semua karena proses tradisional yang masih terjaga, mulai dari pengambilan padi sampai dimasak jadi nasi. Beras juga berasal dari padi gogo, yang tumbuh subur di lahan menantang seperti Gunungkidul ini.

Di balik suasana ndeso yang menyenangkan, tersembunyi penganan yang mengundang petualang kuliner, belalang goreng. Hewan ini banyak ditemukan di pohon jati dan semak yang tumbuh subur di Gunungkidul. Menurut bapak bersahaja di sebelah kami, rasa penganan ini mirip udang, serta tinggi protein. Untuk masalah harga, Anda tidak perlu khawatir karena harga untuk setiap menu yang tersedia di Lesehan Pari Gogo ini tidak terlalu menguras kantong, nasi merah dengan sayur lombok ijo Rp 4.000/orang, teh Rp 3.000/gelas, empal goreng Rp 40.000/piring, babat-iso goreng Rp 20.000/piring, ayam goreng Rp 13.000/potong, trancam Rp 3.000/piring dan wader goreng Rp 15.000/piring. Lesehan Pari Gogo buka setiap harinya sejak pukul 10 pagi hingga 4 sore.

Advertisement