Advertisement

Bagi sebagian masyarakat Surabaya, lontong kikil yang merupakan masakan yang menggunakan bahan kaki sapi bukan kuliner yang baru lagi. Salah satu warung yang menjual menu hidangan lontong kikil ini adalah Warung Pak Said. Warung Lontong Kikil Pak Said ini sendiri sudah berdiri sejak tahun 1975. Awalnya resep lontong kikil Pak Said ini merupakan warisan keluarga, Pria 55 tahun tersebut memperlehnya dari sang Ibu yang mempunyai hobi memasak.

Namun seiring berjalannya waktu, karena dianggap resep tersebut kurang menjual, maka dengan sedikit eksperimen, Pak Said sedikit merubah resep andalannya tersebut dan jadilah resep lontong kikil yang beliau jual hingga saat ini. Pada awal merintis usahanya, Pak Said berjualan dari kampung ke kampung dengan pikulan. Sedangkan istrinya bertugas memasak di rumah. Kegiatan tersebut berjalan selama 10 tahun. Setelah itu, mereka beralih dengan berjualan menggunakan gerobak.

Tidak sampai setahun, keduanya memutuskan membuka warung hingga saat ini. Menu hasil olahan Pak Said ini memang berbeda dari lontong kikil pada umumnya. Potongan kikilnya besar-besar dan tekstur kikilnya empuk. Bumbunya terasa meresap hingga ke dalam daging. Belum lagi, kuahnya yang kental namun tetap tidak eneg saat dimakan. Sepintas, warnanya seperti gulai. Tetapi soal rasa kelezatan lontong kikil Pak Said ini sanggat juara.

Lontong kikil Pak Said memang merupakan salah satu kuliner yang patut untuk di coba ketika Anda sedang berkunjung ke Kota Pahlawan Surabaya. Bagaimana penasarn ingin mencoba, silahkan saja Anda berkunjung ke Warung Lontong Kikil Pak Said yang berlokasi di Jalan Raya Pangesangan (warung menempel di Pabrik Korek Pakabaya), Surabaya.

Advertisement