Advertisement

Jika Anda kebetulan berkunjung ke kawasan Malioboro, jangan lupa untuk mampir ke Lumpia Samijaya yang berada dekat hotel Mutiara. Selain memiliki cita rasa yang unik harganya pun sangat terjangkau. Nama Samijaya sebenarnya bukan nama asli, nama tersebut diambil dari nama sebuah toko tempat lumpia ini biasa dijual di depannya. Berbeda dengan lumpia khas Semarang, isi lumpia Samijaya tidak berbahan rebung melainkan irisan tauge dan wortel yang dikombinasikan dengan ayam yang sudah dibumbui sebelumnya dan juga telur puyuh.

Menarikanya adalah bahan untuk membuat lumpia tersebut diolah dan diracik di depan pembeli sehingga memberikan kesan fresh. Lumpia Samijaya semakin bertamabah nikmat karena disajikan dalam keadaan hangat ditemani dengan acar dan saus yang terbuat dari bawang putih, memberi sensasi rasa khas lumpia Samijaya. Bagi penikmat kuliner berbau pedas, Lumpia Samijaya juga dapat dinikmati dengan cigitan cabe rawit segar, rasanya pun menjadi sangat pas dilidah. Lapak lumpia Samijaya ini memang sederhana, bermodalkan sebuah gerobak dengan konsep mirip dengan lapak-lapak yang biasa kita lihat di sepanjang jalan Malioboro.

Penyajiannya pun juga sederhana, menggunakan piring plastik beralaskan kertas minyak. Begitu pula dengan dengan tempat duduknya menggunakan kursi plastik dan diletakkan di pinggir trotoar. Susana kuliner khas kaki lima jelas kita rasakan ditambah pemandangan berupa hiruk pikuk jalan Malioboro. Namun hal ini tidak menjadikan Lumpia Samijan kehilangan pembeli, justru setiap harinya Lumpia Samijaya hampir tidak pernah sepi dari pembeli. Pembeli pun bahkan rela antri menunggu giliran untuk dilayani sembari si penjual mengolah lumpianya. Lumpia Samijaya dapat kita nikmati dengan kisaran harga mulai dari Rp. 1500,00 sampai Rp. 3000,00 per porsinya.

Pilihan menunya pun bervariasi, mulai dari biasa (sayur), ayam (sayur dan ayam), dan spesial (sayur, ayam dan telur puyuh). Memulai usaha sejak tahun 1970 membuat lumpia Samijaya memiliki begitu banyak pelanggan setia bahkan tak jarang wisatawan asing pun datang untuk membeli. Lain daripada yang lain, itulah kesan setelah mencicipi kelezatan khas lumpia Samijaya. Bahkan tak sedikit pelanggapan dari luar daerah yang menyempatkan untuk membeli lumpia tersebut saat sedang berkunjung di kawasan Malioboro. Apalagi jika bukan memanjakkan lidah dengan menikmati cita rasa yang khas dari lumpia Samijaya disamping harga yang bersahabat. Tidak dipungkiri, keunikan lumpia Samijaya pun sering membuat pembelinya rindu untuk datang kembali. Lumpia Samijaya buka setiap hari mulai pukul 11 siang hingga pukul 3 sore dan akan buka kembali pada pukul 5 sore hingga malam hari.

Advertisement