Advertisement

Klenteng Agung Sam Poo Kong atau yang biasa dikenal dengan sebutan Gedung Batu merupakan tempat peribadatan umat Tri Darma terbesar di Semarang. Namun tidak hanya sebagai tempat beribadah dan berziarah, saat ini Klenteng Sam Poo Kong juga menjadi salah satu wisata religi yang diunggulkan di Semarang. Kompleks Klenteng Agung Sam Poo Kong terbagi menjadi dua bagian, yakni plaza utama dan bangunan klenteng. Pengunjung yang tidak memiliki kepentingan hanya boleh masuk ke plaza utama saja, tempat di mana berdiri patung Laksmana Cheng Ho setinggi 10,7 m. Patung berbahan dasar perunggu yang dibuat di Cina tersebut merupakan patung tertinggi di Asia Tenggara.

Di sebelah selatan Klenteng Agung Sam Poo Kong  terdapat gerbang raksasa berwarna merah menyala yang membuat para pengunjungnya serasa berada di Negeri Cina. Di balik pagar besi terdapat bangunan klenteng yang hanya boleh dimasuki oleh pengunjung yang hendak berdoa atau ingin membaca peruntungan yang dikenal dengan istilah ciamsi. Bau hio akan menyambut Anda saat memasuki kompleks klenteng dengan atap bertingkat yang dihiasi ratusan lampion. Ukiran naga dan huruf Cina berwarna emas menghiasi pilar-pilar merah. Sebuah bedug berwarna merah menyala terlihat di klenteng utama.

Di kompleks Klenteng Utama ini terdapat 4 klenteng yang bernama Klenteng Dewi Laut, Dewa Bumi, Kyai Juru Mudi, dan Klenteng Sam Poo Kong. Sedangkan di bagian bawah yang agak tersembunyi terdapat petilasan Kyai Jangkar, Kyai Tumpeng, dan Kyai Tjundrik Bumi. Di belakang altar utama, terdapat relief yang menggambarkan tentang kisah pelayaran Cheng Ho, lengkap dengan keterangan dalam 3 bahasa. Untuk dapat menikmati kebudayaan umat Tri Darma yang ada di dalam Klenteng Agung Sam Poo Kong ini, para pengunjung harus membeli tiket masuk terlebih dahulu dengan harga :

  • Rp. 3.000 [masuk ke halaman klenteng]
  • Rp. 20.000 [masuk ke kompleks bangunan klenteng]

Bagaimana penasaran ingin mengetahui kebudayaan umat Tri Darma dalam beribadah, silahkan saja Anda berkunjung ke Klenteng Agung Sam Poo Kong yang berlokasi di Jalan Simongan Raya No. 129, Semarang.

Advertisement