Advertisement

Bagi Anda yang merupakan pecinta astronomi, jika ke kota bandung pasti tidak akan lengkap kalau tidak datang ke Observatorium Bosscha. Observatorium Bosscha merupakan salah satu tempat peneropongan bintang tertua di Indonesia yang berlokasi di Lembang, Jawa Barat, sekitar 15 km di bagian utara Kota Bandung. Tempat ini berdiri di atas tanah seluas 6 hektare, dan berada pada ketinggian 1310 meter di atas permukaan laut atau pada ketinggian 630 m dari plato Bandung. Bosscha merupakan salah satu peneropongan bintang terbesar di Asia Tenggara.

Observatorium Bosscha dibangun oleh Perhimpunan Bintang Hindia Belanda demi memajukan Ilmu Astronomi di Hindia Belanda. Karel Albert Rudolf Bosscha adalah seorang tuan tanah di perkebunan teh Malabar, bersedia menjadi penyandang dana utama dan berjanji akan memberikan bantuan pembelian teropong bintang. Sebagai penghargaan atas jasa K.A.R. Bosscha maka nama Bosscha diabadikan sebagai nama observatorium ini. Jika Anda Ingin berkunjung ke Observatorium Bosscha tentu saja boleh.

Ada beberapa kunjungan yang disediakan disini, yaitu :

  • Kunjungan siang
  • Kunjungan malam rutin
  • Kunjungan malam permintaan khusus

Tapi ingat, Observatorium Bosscha adalah tempat penelitian, bukan tempat wisata, tempat piknik atau semacamnya. Jadi konsekuensinya tidak bisa sembarangan orang dapat datang ke Bosscha. Anda harus mendaftar terlebih dulu via telepon/fax atau via email ke kunjungan@as.itb.ac.id. Pendaftaran tidak boleh dilakukan oleh pihak ketiga (misalnya agen travel/biro wisata) dan jumlahnya dibatasi. Oleh sebabt itu jika Anda berencana ingin berkunjung ke Observatorium Bosscha ini maka disarankan lebih cepat mendaftar lebih baik.

Tapi anda perlu ingat, obsevatorium ini tidak menerima kunjungan pada :

  • Hari Minggu dan hari-hari libur nasional
  • Hari Senin (untuk perawatan teknis teropong dan intrumentasi)
  • Seminggu sebelum dan setelah hari raya Idul Fitri
  • Tanggal 30 Desember sampai dengan 3 Januari tahun berikutnya

Apabila terdapat fenomena alam khusus / aktivitas astronomi (Astro Camp, kenampakan obyek langit tertentu) biasanya diumumkan melalui internet. HTM-nya pun hanya sekitar Rp 5.000,- s/d Rp 10.000,-.

Advertisement