Advertisement

Bagi Anda yang ingin merasakan sensasi berbeda ketika melihat keindahan air terjun, maka Anda wajib untuk datang ke Coban Parang Tejo Malang. Hal ini dikarenakan air terjun yang berada di Dusun Princi, Desa Gading Kulon, Kecamatan Dau ini ada fenomena yang tak ada di coban lain, yakni munculnya air terjun di balik air terjun. Coban Parang Tejo memiliki ketinggian sekitar 100 m dengan kucuran air yang halus. Selain menyuguhkan sensasi air terjun berlapis dan kelembutan alirannya, coban ini juga kerap menyuguhkan pemandangan warna-warni pelangi. Biasanya, sensasi itu, didapati pada saat musim kemarau dalam kondisi matahari tengah terik. Karena itu juga nama air terjun ini dinamai Parangtejo.

Kata Parang sendiri bermakna tebing, sedangkan Tejo bermakna pelangi. Air terjun ini terletak dilereng Gunung Butak dan membentuk aliran Sungai Metro di perbatasan Desa Tlekung Kecamatan Junrejo Kota Batu dan Kabupaten Blitar. Berjarak sekitar 20 km dari kota malang atau 21 km dari kota Batu.  Jika dari kawasan wisata Bedengan sejauh + 1 Km  melalui hutan lindung. Perjalanan dari Kota Malang menuju Desa Gadingkulon bisa melalui beberapa alternatif rute dengan menggunakan kendaraan bermotor.  Kondisi jalan menuju kesana sudah cukup baik dan beraspal mulus.

Namun sayangnya angkutan umum menuju kesana tidak ada.  Sesampainya di Dukuh Princi, yaitu dukuh paling barat Desa Gadingkulon, kendaraan dapat dititipkan  di rumah penduduk dan perjalanan dilanjutkan dengan jalan kaki melewati jalan setapak naik turun bukit, menyisir jurang hingga lokasi curug berada. Beberapa rute alternatif yang dapat ditempuh dari kota Malang Untuk sampai ke Coban Parang Tejo ini antara lain:

  • Dari perempatan Dieng Plaza ke arah barat – Unmer – Perumahan Dieng – Pangkalan Mikrolet STL – Kalisongo – Petungsewu – Tegalweru – Pertigaan Dukuh Sempu ke kiri – Desa Gadingkulon – Dukuh Princi.
  • Dari Museum Brawijaya – Jl. Bondowoso – Jl. Tidar – Jl. Puncak Mandala – Jl. Puncak Yamin – Jl. Esberg – Pangkalan Mikrolet AT – Jl. Candi V D – Karangwidoro – Petungsewu – Tegalweru – Pertigaan Dukuh Sempu ke kiri – Desa Gadingkulon – Dukuh Princi.
  •  Lewat jalan antar kota Malang-Batu – Pemandian Sengkaling ke barat – pertigaan Polsek Dau kiri – perempatan Semanding ke kiri- Asrama Putri Arrohmah – Dukuh Sempu lurus – Desa Gadingkulon – Dukuh Princi.

Sedangkan dari Kota Batu adalah:

  • Batu Night Spectacular (Jl. Raya Oro-Oro Ombo) – Jl. Raya Tlekung – Jl. Raya Junrejo - Monumen Jun – Sumbersekar – pertigaan Sumberseka Dau kanan – Gadingkulon belok ke kanan – Dukuh Princi.

Advertisement