Advertisement

Monumen Jenderal Soedirman merupakan sebuah taman kecil di jalan raya yang di tengahnya dibangun sebuah patung Jenderal Soedirman yang sedang berdiri tegap dengan gagahnya. Jalan satu arah ini adalah jalan utama yang selalu sibuk dipadati lalu lintas setiap harinya. Di jalan ini, ada banyak bangunan penting seperti Gedung Balai Kota, Hotel New Garden Palace, pintu masuk ke Balai Pemuda, Gedung Parlemen Surabaya, dan Mess lapangan Angkatan Laut Yos Sudarso.

Di bawah Patung Jenderal Soedirman ini telah dipahat beberapa kata dari Panglima Jenderal Soedirman yang menunjukan semangat untuk terus berjuang, mempertahankan tanah air, tidak pernah menyerah dan selalu berjuang bagi bangsa dan negara. Monumen ini didedikasikan untuk seluruh masyarakat Jawa Timur yang di gagas oleh Letnan Jenderal M. Yasin sebagai Komandan VII Brawijaya pada saat itu.

Monumen ini dihadapkan pada Monumen Bambu Runcing sebagai simbol kota pahlawan, gedung ini juga dekat dengan Gedung balai kota, yang merupakan Kantor Pusat Pemerintahan Walikota Surabaya. Bagaimana tertarik untuk berkunjung, silahkan saja Anda datang langsung ke Monumen Panglima Jenderal Soedirman Surabaya yang berlokasi di Jalan Yos Sudarso, Surabaya.

Advertisement