Advertisement

Monumen Kapal Selam atau Monkasel merupakan sebuah museum kapal selam yang terletak di kota Surabaya. Terletak di pusat kota, monumen ini sebenarnya adalah sebuah kapal selam KRI Pasopati 410, salah satu armada Angkatan Laut Indonesia yang dibuat oleh Uni Soviet pada tahun 1952. Kapal selam ini pernah terlibat dalam Pertempuran Aru Samudera untuk membebaskan Papua Barat dari pendudukan Belanda.

Kapal Selam ini ini memiliki panjang 76,6 meter dan lebar 6,30 meter dan dilengkapi dengan gas uap torpedo berjumlah 12 buah. Kapal selam ini kemudian dibawa ke daratan dan digunakan sebagai monumen untuk memperingati keberanian pahlawan-pahlawan Indonesia. Di Monumen Kapal Selam ini juga memiliki pemutar film, yang menampilkan proses perang yang terjadi di Samudra Aru. Dengan keberadaan museum kapal selam ini, membuktikan bahwa Surabaya benar-benar layak disebut sebagai kota pahlawan.

Karena hanya ada dua monumen serupa di dunia. Bagaimana tertarik untuk berkunjung, silahkan Anda datang langsung ke Monumen Kapal Selam Surabaya yang berlokasi di Jalan Pemuda, tepat di samping Plaza Surabaya. Monumen Kapal Selam buka setiap harinya sejak pukul 08.30 hingga pukul 22.00 WIB.

Advertisement