Advertisement

Dalam rangka untuk menyelamatkan dan melestarikan warisan budaya bangsa, Departemen Kesehatan Indonesia melalui Pusat Pengembangan Riset Teknologi dan Pelayanan Kesehatan di Surabaya, memprakarsai dibangunnya sebuah museum kesehatan pada tahun 1990. Museum ini mengumpulkan dan menampilkan beberapa peralatan kesehatan bersejarah sejak dahulu hingga sekarang. Secara formal pada tanggal 14 September 2004, Menteri Kesehatan meresmikan museum ini yang diberi nama ” Museum Kesehatan Dr. Adhyatma, MPH “.

Dalam perkembangannya, mungkin saat ini kita selalu dilayani dengan alat-alat medis yang berteknologi tinggi dan canggih, tapi kita juga perlu tahu bahwa di waktu-waktu awal, terdapat alat-alat medis sederhana yang turut berperan dalam hal medis. Oleh karena itu, melalui Museum Kesehatan Dr. Adhyatman ini diharapkan menjadi media pendidikan atau pusat pembelajaran bagi masyarakat dan komunitas yang peduli tentang upaya kesehatan. Tujuan dari museum ini dibangun untuk menyimpan dan melestarikan benda-benda bernilai historis dalam hal kesehatan, mulai dari zaman dahulu hingga sekarang.

Selain itu museum ini juga berfungsi memberikan informasi kepada generasi sekarang dan generasi mendatang tentang seluk-beluk kesehatan, budaya, ilmu pengetahuan sejarah, dan sebagainya. Museum ini telah dilengkapi dengan “perpustakaan khusus” yang mengumpulkan dan melayani semua bahan pustaka, seperti diantaranya buku, majalah, kaset rekaman, rekaman video dan lain-lain. Bahan pustaka ini memungkinkan untuk adanya studi pendalaman budaya dalam kesehatan.

Koleksi ini juga mencakup semua benda-benda bersejarah dalam pelayanan kesehatan dari berbagai daerah, ras / etnis, agama / kepercayaan, dan lain-lain. Koleksi tersebut diperlihatkan dalam bentuk asli, imitasi, replika, foto maupun gambar. Sementara itu setiap ruang pameran secara teknis dalam Museum Kesehatan Dr. Adhyatma ini dipertunjukkan dalam ruangan yang berbeda beda yang disebut ” Sasana “, yang terdiri dari :

  1. Sasana Adhyatma : Sasana ini menyajikan berbagai koleksi Dr. Adhyatma, MPH ketika ia menjabat sebagai Menteri Kesehatan pada tahun 1988 hingga 1993 (termasuk pula koleksi prasasti).
  2. Sasana Kencana : Di ruangan ini dipamerkan berbagai benda bersejarah dari dekorasi, lencana dari logam mulia, surat penghargaan dan sebagainya. Di ruangan ini juga disajikan sejarah dan profil kesehatan pelopor museum.
  3. Sasana Kespro (Kamar Kesehatan Reproduksi) : Ruangan ini menyimpan dan menampilkan berbagai item / peralatan kesehatan reproduksi termasuk; kesehatan ibu dan anak-anak dari berbagai budaya, kesehatan kehamilan, persalinan dan keluarga berencana.
  4. Sasana Genetika (Kamar Genetika) : Dalam ruangan ini menunjukkan garis keturunan dan silsilah, seperti silsilah keluarga kerajaan di Indonesia.
  5. Sasana Kesehatan Budaya (Kamar Budaya Kesehatan) : Di ruangan ini, menampilkan beberapa alat medis yang terkait dengan kepercayaan atau supranatural dan dunia gaib yang berkembang di masa lampau.
  6. Sasana Fauna : Kita harus tetap waspada terhadap hewan di sekitar kita. Berbagai binatang bisa menjadi mediator penyakit (vektor), tetapi ada juga beberapa binatang yang berkhasiat sebagai obat dan membantu kita semua. Untuk semua informasi tersebut, terdapat di ruangan ini.
  7. Sasana Medik dan Non Medik (Kamar Medis Dan Non Medis) : Berbagai peralatan kesehatan medis dan non-medis yang disimpan dan ditampilkan di ruangan ini. Benda-benda yang digunakan oleh lembaga kesehatan di masa lalu dan menjadi layanan historis yang besar bagi kesehatan masyarakat kita.

Bagaimana tertarik untuk berkunjung dan menambah ilmu pengetahuan tentang kesehatan medis, silahkan saja Anda berkunjung langsung ke Museum Kesehatan Dr. Adhyatman, MPH yang berlokasi di Jalan Indrapura No. 17, Surabaya – Jawa Timur.

Advertisement