Advertisement

Wage Rudolf Soepratman adalah pencipta lagu kebangsaan Indonesia, yakni Indonesia Raya. Beliau dilahirkan pada Senin 9 Maret, 1903 di Jatinegara Jakarta. WR Soepratman merupakan seorang Muslim dan tidak mengikuti organisasi politik apapun. Ayahnya bernama Senen, seorang sersan di Batalyon VIII. Diasuh oleh kakak iparnya WM Van Eldik (Sastromihardjo) ia telah belajar bermain gitar dan biola sejak remaja. Pada bulan Oktober 1928 di Jakarta,diadakan sebuah Kongres Pemuda yang melahirkan ‘Sumpah Pemuda’.

Pada malam penutupan kongres, pada tanggal 28 Octobers 1928, WR Supratman memperdengarkan lagu ciptaannya secara instrumental di depan para peserta. Saat itu merupakan pertama kalinya lagu Indonesia Raya ini bergema di depan publik. Semua partisipan terkejut mendengarnya. Setelah itu, Lagu Indonesia Raya selalu tidak pernah ketinggalan untuk dibawakan di setiap kongres yang berlangsung. Lagu ini merupakan perwujudan dari keinginan bersama untuk sebuah kemerdekaan.

Untuk mengenang jasa WR Soepratman, Anda dapat mengunjungi museum WR Soepratman. Di Museum ini Anda bisa melihat tulisan asli WR Soepratman ketika ia membuat lagu Indonesia Raya pada saat pertama, dan juga biola historis yang menemaninya saat membuat beberapa lagu kebangsaan. Sejak menciptakan lagu kebangsaan Indonesia Raya, Beliau banyak di buru oleh pihak Belanda, dan hal ini membuat beliau sakit-sakitan. Lagu terakhir yang beliau ciptakan berjudul Matahari Terbit, dan karena lagu itu pulalah, Beliau di penjara di Kalisosok dan pada akhirnya meninggal.

Bagaimana penasaran untuk berkunjung dan melihat sejarah dari kehidupan sang maestro, silahkan saja Anda berkunjung langsung ke Museum WR Soepratman Surabaya yang berlokasi di Jalan Tambaksari, Surabaya. Lokasi museum WR Soepratman ini juga berdekatan dengan makam beliau yang meninggal pada 17 Agustus 1938.

Advertisement