Advertisement

Nasi Tempong merupakan salah satu makanan khas dari kota Banyuwangi selain pecel rawon dan juga rujak soto. Jika kedua menu tersebut hanya bisa dijumpai di kota Banyuwangi, namun tidak dengan menu hidangan nasi tempong. Karena nasi ini juga bisa kita jumpai di beberapa kota lainnya, seperti Jakarta, Bali dan kota lainnya. Sedangkan untuk penjual nasi tempong yang ada di kota Banyuwangi sendiri bisa Anda jumpai di beberapa tempat, tentu dengan cita rasa yang berbeda di setiap tempatnya. Salah satu rumah makan yang menjual Nasi Tempong khas Banyuwangi ini adalah Warung Mbak Nah.

Nasi Tempong Mbak Nah ini sudah cukup terkenal di Banyuwangi hingga ke kota sekitarnya. Dengan menempati sebuah bangunan sederhana, Rumah Makan Nasi Tempong Mbak Nah ini buka setiap harinya sejak pukul 2 siang hingga tengah malam sekitar pukul 12. Biasanya dalam seporsi nasi tempong terdiri dari nasi putih hangat yang disandingkan dengan sayur bayam rebus, terung rebus, tahu, tempe, ikan asin, perkedel jagung, mentimun dan beberapa helai daun kemangi kemudian ditambahkan sambal tempong yang menjadi ciri khasnya. Sedangkan untuk lauk tambahannya Warung Mbak Nah ini menyediakan telur dadar, hati, pepes, ayam dan beberapa jenis ikan laut.

Apa pun lauk tambahan yang Anda pilih tidak terlalu banyak pengaruh, karena meski tanpa lauk tambahan pun rasanya sudah nikmat. Karena kenikmatan nasi tempong ini terletak pada sambalnya yang super pedas namun menyegarkan, yang membuat Anda tidak ingin berhenti untuk menyantapnya sebelum semuanya habis. Sebenarnya sambal hanya berupa sambal tomat dengan tambahan terasi dan perasan jeruk limun, namun rasanya berbeda dari sambal-sambal yang selama ini sering kita jumpai. Karena ramainya para pelanggan Nasi Tempong Mbak Nah khas Banyuwangi ini, sekitar 50 kg beras selalu habis setiap hari.

Selain rasanya yang nikmat, harganya juga sangat terjangkau dengan porsi yang cukup banyak. Untuk menu Nasi Tempong tanpa ada tambahan lauk hanya dibandrol dengan harga Rp. 4.000 saja, sedangkan untuk yang tambah lauk tergantung lauknya, harga lauk mulai dari Rp. 2.000 hingga Rp. 6.000 untuk setiap jenis lauknya. Bagaimana penasaran ingin menikmati citarasa kuliner khas Banyuwangi yang satu ini, silahkan saja Anda datang langsung ke Nasi Tempong Mbak Nah yang berlokasi di Jalan Kolonel Sugiono No. 16, Banyuwangi.

Advertisement