Advertisement

Pantai Baron merupakan salah satu pantai yang indah di daerah Yogjakarta, yang mana salah satu dari beberapa yang sangat banyak pengunjung wisata asing. Sebenarnya, pantai yang berjarak sekitar 65 km dari Yogyakarta ini adalah sebuah teluk dengan dua buah bukit yang mengapitnya di sisi kanan dan kiri. Pantai Baron adalah pantai yang sangat cantik yang menawarkan pemandangan indah dan masakan hasil laut yang memanjakan lidah. Pantai Baron memiliki ombak yang besar, para wisatawan pun tidak boleh asal melewati batas pantai yang telah ditentukan petugas penjaga pantai, dengan hal ini tentunya harus berhati-hati bagi para wisatawan jika ingin berenang di pantai ini.

Pantai yang terletak di Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, atau kurang lebih 20 km arah selatan dari kota Wonosari ini memiliki keunikan tersendiri. Keunikan Wisata Pantai Baron ini adalah pantai yang menjadi saksi pertemuan antara air laut dan air tawar, yang yang berasal dari sungai yang bermuara di satu sudut wisata Pantai Baron. Wisatawan yang berkunjung akan disuguhi dengan kelembutan desir angin yang menjulurkan ombak untuk bertemu dengan hamparan pasir Pantai Baron. Harga tiket untuk memasuki Pantai Baron cukup murah. Anda hanya perlu mengeluarkan uang sebesar Rp. 5.000,- saja. Pasir di pantai yang indah ini berwarna cokelat. Selain sebagai tempat wisata, pantai ini juga berfungsi sebagai dermaga bagi para nelayan yang hendak mencari ikan di laut.  Hasil kekayaan pantai Baron juga sangat melimpah seperti udang besar (lobster), ikan bawal putih, kakap, ataupun tongkol akan memanjakan pengunjung, baik yang masih segar ataupun yang siap anda nikmati ditempat.

Untuk menuju ke lokasi Pantai Baron Gunung Kidul, ada beberapa pilihan transportasi yang dapat Anda gunakan. Anda dapat menggunakan taksi, bus umum, atau kendaraan pribadi baik mobil maupun motor. Anda yang hendak ke Pantai Baron dengan menggunakan kendaraan umum, jalur kendaraan umum yang dapat Anda tempuh adalah: Dari Stasiun Tugu menuju Terminal Giwangan ditempuh dengan bus Trans-Jogja jurusan 1A, di shelter Bandara Adisucipto Anda harus pindah bus jalur 3B—jalur bus yang menuju Terminal Giwangan.

Advertisement