Advertisement

Kawasan Pantai Congot berlokasi tidak jauh dari kawasan Pantai Glagah. Kedua pantai itu berjarak sangat dekat dan hanya dihubungkan oleh jalan beraspal halus yang bahkan cukup mudah ditempuh menggunakan kendaraan bermotor. Terletak di Desa Jangkaran, Kecamatan Temon, Kabupaten Kulon Progo, Pantai Congot menjadi pusat kegiatan warga sekitar yang menggantungkan hidup dengan mencari ikan. Aktivitas para nelayan menjadi pesona tersendiri bagi kawasan Pantai Congot ini. Sepanjang garis pantai pengunjung bisa melihat kegiatan masyarakat sekitar dan bagi para wisatawan dapat memuaskan kegemarannya memancing.

Di tempat yang lain terdapat para nelayan menebarkan jalan di tepi pantai, membersihkan perahu dan menghancurkan cangkang ranjungan yang melekat di jala. Pagi hari menjadi saat yang tepat bagi pengunjung untuk melihat keramaian para nelayan dengan kegiatan sehari-harinya. Deru-deru mesin kapal melaju menebar jala menangkap ikan, dan menjelang siang kembali membawa hasil tangkapannya yang kemudian dibawa ke tempat pelelangan ikan di wilayah tersebut. Di kawasan Pantai Congot ini pengunjung dapat menikmati keindahan pemandangan muara Sungai Bogowonto, disepanjang tepian hilir sungai. Dari muara inilah Pantai Congot kaya beragam jenis ikan dalam jumlah yang cukup beraneka ragam.

Untuk berkunjung ke Pantai Congot, Anda tak perlu membayar biaya tambahan. Kunjungan ke pantai ini sudah termasuk dalam tiket wisata menuju Pantai Glagah. Letak Pantai Congot yang sangat dekat dengan Pantai Glagah tentu cukup menjadi alasan untuk mengunjunginya. Nuansa nelayan dan perikanan yang begitu kuat menjadikan pantai ini tetap memiliki kekhasan dan tak bisa begitu saja disamakan dengan Pantai Glagah.

Advertisement