Advertisement

Grajagan merupakan sebuah pantai yang menarik untuk dikunjungi. Pantainya yang luas dan diselimuti oleh pasir bersih membuat objek wisata alam ini selalu ramai dikunjungi para wisatawan domestik maupun mancanegara. Di seberang pantai, terdapat sebuah bukit yang berdiri dengan kokoh. Namun pesona Pantai Grajagan tak hanya berhenti sampai disitu saja, pemandangan kampung nelayan menambah pesona Pantai Grajagan ini. Di kampung nelayan tersebut wisatawan dapat membeli beberapa jenis ikan laut hasil tangkapan nelayan. Gua pertahanan jaman jepang juga tersedia di tempat wisata ini. Sepanjang pantai selatan Banyuwangi memang menjanjikan keindahan alamnya yang tiada tara terutama deretan gunung-gunung, perkebunan, pantai, dan lautan yang terbentang luas dari hamparan Samudera Hindia. Salah satunya yang menjadi bukti adalah adanya Pantai Grajagan ini.

Pantai Grajagan sangat ideal sebagai tempat transit atau sebagai pintu gerbang untuk menuju ke Pantai Plengkung. Disamping lokasinya tidak terlalu jauh untuk menuju ke TN Alas Purwo, Pantai Grajagan juga sangat indah dan jauh dari kebisingan dan hingar bingar kehidupan Kota. Bagi Anda yang ingin bermalam untuk menikmati keheningan alam dengan paduan deburan ombak yang menggebu tidak perlu khawatir, dilokasi wisata Pantai Grajagan ini terdapat 2 rumah dengan 10 kamar berbentuk bungalow yang menghadap kearah laut. Tarifnyapun sangat variartif dan terjangkau yakni antara 100 ribu hingga 150 ribu per malamnya. Pelayanan di Wanawisata Grajagan ini juga non stop selama 24 jam.

Di Pantai Grajagan ini selain bisa menikmati keindahan pantai dengan paduan hutan ini, Anda juga dapat menyaksikan langsung aktifitas nelayan pada pagi hari saat berangkat mencari ikan dan menurunkan ikan hasil tangkapannya. Pemandangan lain yang juga bisa Anda dinikmati disini adalah melihat deburan ombak laut lepas dari atas shelter dan tiga Gua Jepang yang menghadap kearah laut selatan, yang merupakan peninggalan tentara Jepang pada masa perang dunia kedua. Untuk menuju lokasi Pantai Grajagan ini pun sangat mudah, akses jalannya sudah beraspal dan dapat ditempuh menggunakan mobil pribadi atau kendaraan umum. Jika Anda menggunakan kendaraan umum dari arah Kota Banyuwangi bisa naik bus jurusan Jember atau sebaliknya, dan turun di Benculuk. Selanjutnya dari Benculuk perjalanan dilanjutkan naik angkutan pedesaan sekitar 12 km menuju ke kawasan Pantai Grajagan.

Advertisement