Advertisement

Pantai kini telah menjadi salah satu objek wisata unggulan yang ada di wilayah Yogyakarta. Salah satu pantai yang terkenal akan pesona pemandangan alamnya yang sangat menawan adalah Pantai Indrayanti. Mendengar nama Pantai Indrayanti mungkin sebagian orang masih terasa asing. Namun begitu Anda datang langsung ke lokasi pantai tersebut, rasa penasaran akan hilang seketika. Indrayanti kini sudah menjadi primadona baru tujuan wisata di Kabupaten Gunungkidul. Pantai ini terletak di Desa Tepus, Kecamatan Tepus Wonosari, Gunungkidul. Cukup mudah untuk sampai ke lokasi Pantai Indrayanti ini. Hanya melewati beberapa pantai lainnya seperti Pantai Krakal, Baron, Kukup, Drini, Sundak.

Perjalanan dengan jalan bergelombang dapat ditempuh dengan kendaraan pribadi atau kendaraan sewaan seperti minibus. Dari Kota Jogja membutuhkan waktu sekitar 2-3 jam untuk dapat menuju ke lokasi utama yakni Pantai Indrayanti. Pantai Indrayanti menyuguhkan pemandangan alam yang luar biasa, air lautnya masih berwarna bening kebiru-biruan. Anda tidak perlu jauh – jauh pergi ke Pulau Bali untuk menikmati suasana pantai Kuta, karena Pantai Indrayanti ini marupakan “Kuta” -nya Yogyakarta. Hamparan pasir putihnya yang hangat masih sangat terjaga, dihiasi oleh cangkang-cangkang yang ditinggalkan kerangnya. Suasana pantai yang tenang & indah merupakan tempat yang tepat untuk melepas kepenatan dari rutinitas sehari hari.

Beberapa gazebo beratap pandan juga telah disiapkan untuk memanjakan para wisatawan. Selain panoramanya yang mengagumkan, Pantai Indrayanti juga menawarkan wisata unik bahkan cukup ekstrim, yakni petualangan naik Jet Ski ke lepas pantai. Jika cuaca cerah, wisatawan dapat menikmati sunset di saat senja. Para wisatawan juga tidak perlu bingung untuk mencari tempat penginapan, karena di pantai ini telah tersedia resort yang dapat digunakan untuk menginap. Untuk dapat berkunjung ke Pantai Indrayanti ini petugas retribusi hanya memungut biaya masuk seharga Rp. 5.000 saja per orang.

Advertisement