Advertisement

Pantai Kondang Iwak merupakan destinasi wisata yang terletak paling selatan di kawasan Malang Raya. Pemandangan jalan yang indah juga sekaligus sebagai bonus dalam perjalanan karena mata Anda akan dimanja dengan pemandangan suasana pedesaan, perbukitan, tebing, dan hutan. Beberapa orang berpendapat jika perjalanan menuju Pantai Kondang Iwak ini agak berat, karena dari pertama saat masuk kawasan Desa Tulungrejo sampai lokasi pantai disajikan jalan berbatu yang akan menguji adrenalin Anda. Seperti umumnya pantai di laut selatan, ombak di pantai ini cukup besar. Anda harus tetap berhati-hati, jangan sampai terbawa arus yang cukup kuat.

Pantai Kondang Iwak biasanya dijadikan jalur para nelayan mencari ikan. Perahu-perahu nelayan tanpa mesin tampak berlalu-lalang di lepas pantai. Hal itu menandakan bahwa pantai ini memang tidak begitu ganas. Bahkan, di pantai ini menjadi jujugan para pemancing dari berbagai daerah di kawsan Malang Raya. Nama Kondang Iwak pertama kali diberikan karena di tepi pantai terdapat kondang (muara air tawar) yang pada masa itu dipenuhi beragam jenis ikan tawar. Untuk mencapai kondang tersebut pengunjung dapat berjalan menyusuri pantai ke arah barat. Kondang itu sampai sekarang pun menjadi daya tarik masyarakat karena bisa menjadi tempat berenang.

Hamparan kolam di kondang ini cukup luas sepanjang 800 meter dan lebar 40 meter. Biasanya pada akhir pekan banyak pengunjung memancing ikan hingga bermalam dengan mendirikan tenda. Namun sayangnya, kini ikan yang ada tidak sebanyak dahulu, karena seringkali diambil masyarakat yang tidak bertanggung jawab dengan cara diracun. Warga sekitar pantai saat ini sudah mulai memperkenalkan pantai ini dengan beragam program. Salah satunya yang menjadi andalan adalah labuhan yang dikemas dengan beragam festival, mulai dari acara off road, touring, maupun even tradisional wayangan. Hanya saja promosinya masih sebatas di wilayah sekitar Donomulyo.

Beberapa tahun sebelumnya acara labuhan dilakukan setiap tanggal 15 Suro. Namun pada tiga tahun terakhir digeser setiap bulan Juli bersamaan dengan hari libur sekolah. Bagaimana tertarik untuk berkunjung dan menikmati suasana pesisir pantai, silahkan saja Anda datang ke Pantai Kondang Iwak Malang yang berlokasi di Dusun Sumberpucung, Desa Tulungrejo, Kecamatan Donomulyo, Kabupaten Malang. Dari Kota Malang berjarak sekitar 70 kilometer ke arah selatan.

Advertisement