Advertisement

Salah satu tempat yang bisa dikunjungi  ketika ke Banyuwangi adalah Pantai Pesisir di daerah selatan Banyuwangi. Pantai yang indah ini berlokasi di Muncar (sebuah kecamatan di Kabupaten Banyuwangi, sekitar 35 kilometer dari kota Banyuwangi ), sehigga sering dikenal dengan Pantai Muncar. Pelabuhan Muncar di Banyuwangi, Jawa Timur merupakan pelabuhan ikan terbesar kedua setelah Bagan Siapi-api di Sumatera Utara. Nelayan Muncar menghias perahu mereka dengan aneka warna yang mencolok, beserta berbagai ornamen lainnya yang menarik. Sebagian besar nelayan disini memulai perburuan menangkap ikan pada tengah hari dan pulang pada keesokan harinya, sehingga ikan yang didapat masih segar.

Disini  juga sering terkenal dengan ritual petik laut. Ritual ini berkembang setelah kehadiran warga Madura yang terkenal sebagai pelaut. Tak mengherankan, jika petik laut selalu dipenuhi ornamen suku Madura. Salah satunya, seragam pakaian Sakera, baju hitam dan membawa clurit, simbol kebesaran warga Madura yang pemberani. Jumlah nelayan yang setiap harinya meggantungkan hidupnya dari mencari ikan di Pantai Muncar Banyuwangi ini sebanyak 12.865 orang dan jumlah kapal sebanyak 4.454 unit.

Pemerintah mengembangkan minapolitan atau kota ikan dalam rangka mempercepat pertumbuhan ekonomi di sektor kelautan dan perikanan. Minapolitan merupakan konsep pembangunan kelautan dan perikanan dari hulu ke hilir berbasis wilayah. Persyaratan minapolitan adalah memiliki komoditas unggulan kelautan dan perikanan dengan nilai ekonomis tinggi dan sangat besar. Letak lokasi minapolitan strategis. Terdapat unit produksi, pengolahan dan pemasaran. Memiliki fasilitas pendukung seperti pasar, penyediaan permodalan dan prasarana; Dukungan daerah dalam ketersediaan sumber daya manusia (SDM), pembiayaan, dan aspek pengelolaannya.

Advertisement