Advertisement

Di Jawa Timur tepatnya di daerah Banyuwangi terdapat pantai eksotis yang mempunyai pasir berwarna coklat eksotis. Warna coklat tersebut terbentuk karena adanya endapan lumpur yang terbawa air sungai yang meluap pada saat banjir. Pantai ini bernama Pantai Rajegwesi yang letaknya di Desa Sarongan, Kecamatan Pesanggaran. Pantai yang terbentang di sebelah selatan Banyuwangi ini membutuhkan waktu tempuh 2-3 jam dari kota Banyuwangi. Pantai Rajekwesi termasuk dalam kawasan Taman Nasional Meru Betiri.

Kawasan ini merupakan menjadi habibat dari beberapa jenis penyu yang memang sengaja di budi dayakan di Pantai Rajekwesi karena kini spesies hewan penyu sudah langka. Spesies Penyu langka yang ada di lokasi kawasan Pantai Rajekwesi Banyuwangi ini antara lain Penyu Hijau (Chelonia mydas), Penyu Sisik (Eretmochelys imbricata), Penyu Slengkrah (Lepidochelys olivacea), dan Penyu Belimbing (Dermochelys coriacea). Pada waktu-waktu tertentu tukik atau anak penyu yang sebelumnya telah ditangkarkan, akan dilepas di Pantai Rajekwesi ini untuk tumbuh dan berkembang. Kondisi pantai yang masih bersih dan sepi sangat mendukung perkembangbiakan penyu-penyu yang kini sudah langka tersebut.

Warga setempat seperti nelayan pun sengaja memberi ruang untuk fauna langka. Mereka hanya menambatkan perahu di sisi barat pantai, sedangkan di sisi timur dibiarkan kosong dan menjadi habitat hewan-hewan seperti penyu dan hewan laut lainnya. Pantai Rajegwesi ini sendiri merupakan penghubung antara Pantai Sukamade dan Pantai Teluk Hijau (Green Bay) karena letaknya yang berada diantara kedua pantai tersebut. Pantai ini dikelilingi hutan tropis yang masih rimbun, hijau dan asri. Untuk sampai di Pantai Rajekwesi ini, Anda harus melewati jalan berbatu dan menembus perkebunan karet serta kakao.

Selain keindahan alamnya yang eksotis  dan terletak di kawasan Taman Nasional Meru Betiri pantai ini juga menghadirkan beberapa atraksi wisata budaya berupa wisata agro dan aktivitas masyarakat membuat gula jawa. Aktivitas nelayan dan adanya perayaan petik, menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung. Selain di manfaatkan sebagai tempat wisata Pantai Rajekwesi ini juga menjadi sentra perdagangan ikan bagi masyarakat desa di sekitar pantai. Ombaknya yang tenang dan tidak terlalu tinggi menjadikan Pantai Rajekwesi Banyuwangi ini cocok untuk aktivitas berenang.

Advertisement