Advertisement

Kota Wisata Batu tidak hanya menjanjikan keindahan dan kemewahaan pemandangan alam tetapi juga menjadi salah satu jujugan para paraglider atau pecinta olah raga paragliding (paralayang). Para pecinta olah raga yang cukup ekstrim dan memompa adrenalin itu memulai kegiatannya dari atas Gunung Banyak. Kawasan Gunung Banyak sebenarnya sudah cukup lama dikenal sebagai kawasan yang indah untuk olahraga yang satu ini. Gunung Banyak yang memiliki ketinggian 1340 dpl tentu sangat cocok untuk dijadikan lokasi paralayang. Hal ini ditunjang dengan pemandangan sekitar yang indah. Sehingga Anda tidak hanya sekedar terbang, tapi juga bisa menikmati pemandangan Kota Wisata Batu yang indah dari ketinggian. Bahkan, hingga saat ini Gunung Banyak masih dipandang sebagai lokasi paralayang yang terbaik.

Secara resmi penggunaan kawasan tersebut sebagai kawasan paralayang baru dibuka pada 20 juni 2000 lalu. Lokasi ini tidak hanya dimanfaatkan para pecinta paralayang di Malang Raya bahkan atlet nasional tetapi juga wisatawan dari berbagai penjuru dunia. Bahkan, di kawasan ini juga kerap dijadikan even paralayang mulai tingkat regional, nasional, hingga internasional. Biasanya, kawasan ini baru ramai dikunjungi oleh para pecinta paralayang pada bulan Juni hingga Oktober. Rencananya, di kawasan ini juga akan digelar atraksi penerbangan paralayang di malam hari. Tentunya, kegiatan ini akan menjadi kemasan wisata yang menarik dan unik.

Bagi pengunjung yang ingin menyaksikan atraksi para atlet paralayang baik dari lokasi pendaratan di kawasan Songgoriti maupun dari lokasi pemberangkatan di atas Gunung Banyak tidak perlu khawatir. Di lokasi ini juga tersedia banyak fasilitas pendukung mulai gardu pandang, warung makanan, hingga tempat singgah yang layak untuk di singgahi.  Bagi Anda yang ingin mencoba sensasi terbang menggunakan paralayang, Anda cukup membayar dengan harga mulai dari Rp. 350.000 hingga Rp. 600.000. Untuk Anda yang belum pernah terbang sebelumnya, tentu tidak usah khawatir karena setiap penerbangan akan ditemani oleh instruktur yang berpengalaman dan profesional. Anda hanya perlu menyiapkan fisik dan mental yang prima.

Advertisement