Advertisement

Pemandian Cangar merupakan sebuah pemandian air panas yang namanya sudah sangat kondang. Nama “Cangar” sendiri sebenarnya berasal dari nama sebuah dusun yang sekaligus menjadi letak berdirinya pemandian air panas ini. Pemandian Air Panas Cangar sendiri berlokasi di Kota Batu atau lebih tepatnya berada di Kelurahan Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji, Kota Wisata Batu. Sebelum Anda sampai ke tujuan utama, pemandangan yang ada di perjalanan menuju ke Pemandian Air Panas Cangar pun sangatlah indah. Anda akan bisa menyaksikan hamparan ladang kubis dan berbagai macam tanaman lainnya yang sangat menyegarkan mata.

Setiap harinya Pemandian Air Panas Cangar tidak pernah sepi sepi nya didatangi oleh wisatawan Domestik maupun Mancanegara. Air Panas yang ada di Pemandian ini sebenarnya mengalir dari sumber mata air yang terdapat di Gunung Welirang. Hal ini lah yang menyebabkan air panas ini memiliki aroma belerang yang masih tercium meskipun tidak terlalu tajam. Banyak wisatawan yang datang ke Pemandian Air Panas Cangar ini percaya jika berendam di sini dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit kulit dikarenakan kondisi airnya yang bercampur dengan belerang. Di Objek Wisata Cangar terdapat tiga kolam besar yang akan memanjakan Anda dengan air hangat yang menyehatkan. Di sini wisatawan bisa berendam hingga berjam-jam di kolam air hangat dengan pemandangan hutan dan kicauan burung yang semakin membuat suasana disekitar Anda terasa nyaman dan berkesan.

Selama berada di kawasan Cangar Batu, Anda tidak perlu kaget ketika menemukan adanya aneka satwa hutan seperti monyet, lutung, serta beraneka macam burung yang hidup bebas di sekitar. Aksi para monyet yang berada di sekitar Anda justru menjadi hiburan pelengkap berwisata Anda selama berada di Pemandian Air Panas Cangar.  Bagi Anda yang gemar berpetualang, Anda dapat menyusuri jalan setapak di hutan yang terdapat di Objek Wisata Cangar ini. Di hutan ini juga terdapat goa bekas masa penjajahan Jepang. Medan yang dilalui juga tidak terlalu sulit, namun tetap mengasyikkan. Menyusuri jalan setapak yang membelah hutan pasti akan menjadi sebuah pengalaman yang tidak akan terlupakan.

Yang menjadi daya tarik lain dari Objek Wisata Cangar adalah adanya penjual tape ketan hitam, makanan tradisional ini dipercaya dapat menghangatkan tubuh jika dikonsumsi. Mungkin karena hal ini lah para penjual selalu diserbu pembeli yang ingin menghangatkan diri di atmosfer Cangar yang dingin. Untuk soal tiket Anda tidak perlu khawatir, karena Anda cukup membayar seharga Rp. 6.000 saja, maka Anda sudah dapat menikmati segala keindahan yang ada.

Advertisement