Advertisement

Pemandian Dewi Sri terletak di Dusun Lebaksari, Desa Ngabab, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang. Pemandian ini berjarak kurang lebih 29 km dari Kota Malang. Tepatnya di tepi Jalan Abdul Manan, Pujon  yang menjadi lintasan utama Malang-Jombang-Kediri membuat keberadaan pemandian ini menjadi sangat strategis. Namun masih ada beberapa orang yang tidak tau tentang adanya lokasi Pemandian Dewi Sri Batu yang alami ini, hal itu disebabkan kurangnya promosi wisata ini. Sumber air dari Pemandian Dewi Sri yang sangat segar ini bersih dan sehat karena tidak di campur bahan kimia apapun.

Meskipun Musim hujan air dari sumber ini tak pernah keruh. Selain terkenal dengan kesegaran airnya konon banyak orang yang mempercayai air dari pemandian dewi sri ini dapat menyembuhkan penyakit rematik dan bisa membuat awet muda. Tidak di ketahui dengan jelas sejak kapan warga dan pengunjung memiliki kepercayaan tersebut. Yang jelas dengan adanya berita tersebut menjadikan para wisatawan yang mengunjungi pemandian ini membawa jerigen guna untuk mengambil air dari Pemandian Dwi Sri untuk di jadikan minum Dirumahnya.

Luas Pemandian Dewi Sri Batu kurang lebih 3,2 dan berada pada ketinggian ± 1500 m dari permukaan laut. Dengan air berdebit 160 L/detik ini mengalir di antara akar Pohon Pinus dan Pohon Gintungan menuju dua kolam pemandian. Letak sumber air tersebut berada persis di kaki Gunung Dorowati. Dalam area luas kurang lebih 3,2Ha wisata ini tidak hanya memiliki kolam pemandian saja namun wisata ini juga mendirikan pasar bunga, buah, sayur dan cindera mata. Untuk dapat menikmati segala keindahan di Pemandian Dewi Sri ini perngunjung hanya dikenakan tiket masuk yang hanya seharga Rp. 3.000,- saja untuk setiap orangnya.

Fasilitas yang terdapat di Pemandian Dewi Sri ini yakni sebagai berikut :

  •     Dua Kolam Renang; Kolam renang Dewasa (13 X 25 meter) dan Anak-anak (8 X 8 meter)
  •     Taman
  •     Restoran
  •     Hutan Lindung
  •     Tempat Parkir yang cukup luas
  •     Pasar Bunga, buah, sayur dan cindera mata

Advertisement