Advertisement

Plengkung atau yang biasa dikenal oleh wisatawan mancanegara dengan nama G-Land merupakan surga bagi para peselancar profesional dari dalam negeri maupun mancanegara. Huruf G berasal dari kata Grajagan, nama dari sebuah teluk yang memiliki ombak yang besar. G-Land dikelilingi oleh hutan hujan tropis yang masih alami. Bulan Mei sampai Oktober adalah bulan terbaik untuk surfing. G-Land menawarkan olahraga surfing yang paling digemari oleh para pesurfer dan disarankan hanya untuk para pesurfer profesional karena ombaknya yang dapat mencapai 5 meter.

Kebanyakan dari para peselancar berangkat dari Bali, melalui Banyuwangi langsung ke G-Land atau ke Grajagan, kemudian menyewa boat ke Pantai Plengkung. Untuk menginap tersedia Cottage dan Jungle camp dekat pantai bagi para pengunjung. Untuk dapat mencapai Plengkung atau G-Land ini, Anda dapat melewati Pantai Plengkung terlebih dahulu, yang terletak di pantai selatan Banyuwangi, ujung timur Pulau. Para pengunjung dapat mencapai Pantai ini dengan dua jalur, yakni jalur darat maupun darat dan laut.Untuk Jalur Darat, Anda dapat menempuh mulai dari Banyuwangi – Kalipahit (59 Km) menggunkan  Bus, Kalipahit – Pasaranyar (3 Km) menggunakan ojek atau menyewa mobil, Pasaranyar Trianggulasi – Pancur (15 Km), Pancur – Plengkung (9 Km) menggunakan menggunakan jasa penyewaan mobil khusus.

Sedangkan untuk jalur laut, Anda dapat menempuh mulai dari Banyuwangi – Benculuk (35 Km) menggunakan Bus atau kendaraan umum lainnya, Benculuk – Grajagan (18 Km) dan Grajagan – Plengkung dengan menggunakan Speet Boat. Kedua jalur menuju Plengkung tersebut semuanya tidak ada masalah. Jika pengunjung memilih melalui Grajagan penginapan di Pantai Grajagan tersedia, dan para pengunjung bisa menikmati keindahan pantai Grajagan sebelum berangkat ke Pantai Plengkung (G-Land) ini.

Advertisement