Advertisement

Pulau Sempu merupakan objek wisata alam yang namanya telah terdengar di kalangan para petualang Nusantara maupun Mancanegara. Pulau Sempu sendiri berada di kawasan wisata Pantai Sendang Biru Kabupaten Malang. Pulau Sempu merupakan pulau kecil ditengah laut yang memiliki luas sekitar 877 hektare. Untuk menuju ke pulau surga yang terdapat di Malang Selatan ini, membutuhkan waktu sekitar 10 – 15 menit dari Pantai Sendang Biru menggunakan jasa perahu motor miliki nelayan sekitar. Dengan hanya menyewa perahu seharga Rp. 100.000 dan mengantongi izin dari Dinas Kehutanan setempat, Anda sudah diperbolehkan menjelajahi pulau cantik ini sepuasnya.

Pulau Sempu memiliki laguna bernama Segara Anakan yang sangat cantik & eksotis, siap mengundang decak kagum siapa saja yang melihatnya. Ditambah dengan pasir pantai yang terlihat putih bersih dan airnya yang jernih menambah kesan tersendiri ketika Anda berenang di Pantai Segara Anakan ini. Tebing-tebing karang yang juga dilebati dengan pepohonan rindang semakin membuat Pulau Sempu terlihat seperti surga alam Laut Selatan. Karena pemandangannya yang begitu memukau, tidak heran jika banyak wisatawan lebih memilih bermalam disini untuk dapat menikmati lebih dalam pesona alam khas Pulau Sempu.

Pulau Sempu merupakan pulau yang berstatus cagar alam. Sebenarnya di Pulau Sempu ini masih terdapat beberapa hewan yang berkeliaran secara bebas yakni salah satunya macan kumbang yang kini telah berstatus hewan langkah. Namun Anda tidak perlu khawatir karena setiap wisatawan yang berkunjung ke Pulau Sempu sudah dipastikan aman. Yang perlu Anda perhatikan jika hendak berkunjung ke Pulau Sempu adalah taat melewati jalur setapak. Tidak berbuat macam-macam, maka tidak ada yang perlu ditakutkan. Selain itu, sebaiknya Anda juga mendaftarkan diri kepada pihak yang menjaga lokasi karena pulau itu berstatus cagar alam.

Advertisement