Advertisement

Bila Anda ingin melihat rekam jejak Perkembangan agama islam yang terjadi di Indonesia, khususnya daerah Jawa Tengah, maka Museum Perkembangan Islam yang ada di Semarang, Jawa Tengah layak untuk Anda kunjungi. Museum yang terletak satu kawasan dengan masjid Agung Jawa Tengah ini menyimpan benda-benda koleksi yang berhubungan dengan perjalanan islam di tanah Jawa. Museum yang berada di dalam Menara Al husna tepatnya di lantai dua dan tiga ini memberikan penjelasan bagaimana agama islam dapat masuk dan berkembang di Jawa Tengah dan sekitarnya. Koleksi benda-benda museum akan mengajak Anda lebih mengenal perkembangan islam di sekitar wilayah Jawa Tengah.

Pada Lantai tiga Museum memberikan penjelasan tentang perjalanan bagaimana Masjid Agung Jawa Tengah dibangun. Ada juga senjata yang di gunakan para ulama saat menyebarkan agama islam di Jawa Tengah. Potongan surat ayat suci Al-Quran menjadi bagian dari beberapa koleksi yang dipunyai museum ini. Proses penyebaran islam yang dilukis dengan coretan indah mewakili koleksi benda-benda koleksi Museum Perkembangan Islam di lantai dua. Artefak, wayang yang biasa digunakan untuk menyebarkan agama islam juga dipajang pada sisi bagian museum.

Miniatur masjid-masjid yang ada di Jawa Tengah juga menghiasi isi ruangan museum. Miniatur Masjid Demak serta Masjid Kudus akan menemani perjalanan Anda selama mengelilingi Museum ini. Bagaimana penasaran untuk berkunjung ke Museum Perkembangan Islam, silahkan saja Anda datang ke Menara Al Husna yang berada di kompleks Masjid Agung Jawa Tengah yang berlokasi di Jalan Gajah Raya, Semarang. Museum ini buka pada hari Selasa hingga Minggu sejak pukul 08.00 hingga 15.00.

Advertisement