Advertisement

Rujak Cingur merupakan salah satu kuliner Nusantara yang berasal dari daerah Jawa Timur. Salah satu tempat yang terkenal akan kuliner Rujak Cingur-nya adalah Kota Pahlawan Surabaya. Di Surabaya sendiri rujak cingur bisa Anda temukan mulai dari penjual pedagang kaki lima hinggadi restaurant bintang lima. Salah satu tempat kuliner yang cukup terkenal akan menu hidangan khas Jawa Timur tersebut adalah Rujak Cingur Ahmad Jais. Rujak Cingur Ahmad Jais bisa dikatakan sebagai rujak cingur yang paling istimewa di Indonesia, atau bahkan mungkin di Dunia.

Dikatakan demikian karena harga dari satu porsi Rujak Cingur kawasan Ahmad Jais ini sangat jauh berbeda dengan rujak cingur pada umumnya. Satu porsi Rujak Cingur Ahmad Jais dihargai Rp. 45.000. Dari awal dirintisnya usaha rujak cingur ini memang harganya sudah jauh di atas rata rata harga rujak cingur pasa umumnya. Usaha rujak cingur ini pertama dirintis oleh Ny. Ng Giok Tjoe ketika Beliau berusia ±42 tahun. Dari hasil usaha rujak cingur yang dirilisnya ini, beliau bisa membiayai putra-putrinya hingga lulusan luar negeri. Hingga saat ini usia Beliau sudah mencapai ±82 tahun, namun sampai saat ini Beliau sendiri yang masih mengulek bumbu rujaknya.

Sedangkan pengelolaan usaha ini sudah diserahkan kepada salah satu anaknya yang bernama Ong Sioe Sin atau yang dikenal dengan nama Jennifer. Meskipun harganya yang jauh di atas rata rata, tapi tidak membuat Rujak Cingur Ahmad Jais ini kehilangan pelanggan setianya. Bahkan kebanyakan para pelanggannya berasal dari kalangan atas, seperti para pejabat daerah atau pemerintah, manager, pengusaha hingga kalangan artis / entertainer. Satu porsi Rujak Cingur Ahmad Jais ini terdiri dari sayuran kangkung dan taoge, beberapa potong tempe goreng, irisan tahu goreng dan cingur dengan bumbu yang cukup melimpah di atasnya. Soal rasa tidak diragukan lagi, sangat lezat menggoyang lidah. Porsinya yang cukup besar, cukup untuk dinikmati 2 orang.

Petisnya terasa lembut dan kacangnya sedikit renyah, karena masih agak kasar. Cingurnya empuk, bersih dan baunya tidak tercium sama sekali, tempe gorengnya juga enak, ketika dimakan masih kriuk-kriuk karena digoreng kering seperti keripik. Bagaimana penasaran ingin mencoba, silahkan Anda datang ke Rujak Cingur Ny. Ng Giok Tjoe yang berlokasi di Jalan Ahmad Jais No. 40, Surabaya. Rujak Cingur Ahmad Jais ini buka setiap harinya sejak pukul 10 siang hingga 5 sore, kecuali minggu buka mulai pukul 11 siang.

Advertisement