Advertisement

Taman Apsari merupakan salah satu dari 3 taman peninggalan belanda. Selain Taman Apsari, 2 taman peninggalan Belanda lainnya yakni Taman Surya dan Taman Jayengrono. Di jaman pemerintahan Belanda lalu, Taman Apsari ini bernama Taman Simpang atau Kroesen Park.  Dinamakan  Taman Simpang karena lokasi lahan di mana taman ini berada bernama simpang. Namun kini lahan taman tersebut berubah nama menjadi Jalan Pemuda. Sedangkan nama Kroesen Park diambil dari nama Residen J.C. Th. Kroesen yang berkuasa di tahun 1888-1896. Pada tahun 1795 Taman Apsari di bangun bersamaan dengan dibangunya  Gedung Grahadi.

Pada masa itu penguasa tunggal (Gezaghebber) Belanda Dirk Van Hogendorp (1794-1798) beranggapan bahwa tempat kediaman resminya di dekat Jembatan Merah kurang sesuai dengan kedudukannya. Ia memilih sebidang lahan di tepi Kalimas untuk membangun sebuah rumah taman yang lebih representatif. Pada awalnya letak Taman Apsari di jaman itu berada di belakang gedung grahadi, gedung grahadi sendiri menghadap ke arah kalimas (utara). Namun pada tahun 1802 gedung grahadi berubah menghadap ke selatan seperti sekarang ini. Akibatnya Taman Apsari yang dulu lokasinya berada di belakang gedung grahadi berubah menjadi di depan.

Area Taman Surabaya ini memiliki luas 5.300 m2 itu dilengkapi kurang lebih 20 jenis bunga. Di sela bunga dan tanaman itu disediakan jogging track yang nyaman untuk berjalan-jalan. Sebagian anak muda bahkan menggunakannya untuk bermain skateboard. Sebagian warga surabaya yang lain memanfaatkannya sebagai tempat kongkow-kongkow semalaman sampai pagi menjelang. Di Taman Apsari ini juga terdapat Monumen Gubenur Suryo. Monumen ini untuk mengenang perjuangan Gubernur pertama Jawa Timur (1946-1948) di zaman kemerdekaan.

Sedangkan di belakang Taman Apsari ini terdapat Patung Joko Dolog yang berasal dari kerajaan Singgosari, Masa Pemerintahan raja kertanegara, yang sekarang juga masih berdiri kokoh. Bagaimana penasaran untuk berkunjung dan menghabiskan waktu bersama para sahabat di tempat yang cozy, silahkan saja Anda datang langsung ke Taman Apsari yang berlokasi di Jalan Taman Apsari No. 3 – 5, Surabaya.

Advertisement