Advertisement

Berbeda dengan Taman Sri Tanjung dan Taman Sayu Wiwit. Jika keduanya merupakan taman yang banyak ditumbuhi tanaman hijau, namun berbeda halnya dengan Taman Blambangan atau yang dulunya bernama Lapangan Tegalloji yang kini merupakan alun-alun kota Banyuwangi. Taman Blambangan Banyuwangi ini hadir dengan dilengkapi pula fasilitas olahraga ringan. Seperti antara lain terdapat track jogging, senam, bersepeda, basket, bulu tangkis, skateboard serta lapangan sepak bola.

Taman yang didirikan diatas lahan seluas 32 ribu meter persegi ini, merupakan tempat beraktifitas masyarakat Kota Banyuwangi. Banyak kegiatan yang sifatnya kebudayaan atau hiburan musik diselenggarakan di Taman Kota Blambangan ini. Bahkan pada setiap hari minggu, Pemerintah Kabupaten Banyuwangi mengadakan acara car free day yang pusat kegiatannya di Taman Blambangan.  Berdasarkan cerita masyarakat sekitar asli Banyuwangi, bahwasana nama Blambangan di ambil dari nama sebuah kerajaan Blambangan yang pernah berpusat di Banyuwangi.

Konon juga keberadaan kerajaan Blambangan merupakan kerajaan terakhir yang bercorak atau menganut paham hindu di Pulau Jawa. Taman Blambangan adalah lapangan rumput yang pada sisi tepi lapangan terdapat arena untuk lintasan lari kecil. Sedangkan di bagian sisi barat lapangan merupakan Gesibu Blambangan dimana bangunan tersebut digunakan sebagai gelanggang seni dan budaya yang telah dilengkapi dengan fasilitas lapangan bola basket, area skateboard dan area kuliner makanan. Ciri Gesibu Blambangan pun tampak jelas dari kejauhan, lokasinya itu ditandai dengan keberadaan sebuah bangunan seperti Candi Penataran.

Di malam hari pun masyarakat juga banyak yang menyerbu tempat yang berada di nol kilometer Banyuwangi ini lantaran terdapat kios PKL yang menawarkan bermacam-macam kuliner. Selain fasilitas olahraga yang ringan namun cukup lengkap, di Taman Blambangan ini terdapat pula fasilitas lain yang juga menjadi daya tarik para pengunjung adalah terdapat tempat parkir yang luas, toilet, tempat duduk dan trotoar yang lebih lebar

Advertisement