Advertisement

Taman Makan Pahlawan Nasional Sepuluh November Surabaya merupakan tempat di mana makam-makam para pejuang di Surabaya tertata rapi dan bersih. Berbeda dengan pemakaman pada umumnya yang terkesan mistis dan horor, Taman Makam Pahlawan Surabaya ini sangat tertata rapi, terawat dengan baik dan pemandangannya pun bisa di bilang cukup cantik. Dikenal sebagai Kota Pahlawan, Surabaya tentu senantiasa berbenah guna memelihara dan mempertahankan gelar yang membanggakan tersebut.

Masyarakat Indonesia kebanyakan mengetahui julukan yang disandang Surabaya sebagai Kota Pahlawan, karena peristiwa heroik rakyat dan pemudanya dalam mengusir penjajah. Puncak perlawanannya terjadi tanggal 10 November tahun 1945 dan akhirnya ditetapkan sebagai Hari Pahlawan. Lebih dari itu, Surabaya memegang teguh prinsip bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati sejarahnya. Terdapatnya Taman Makam Pahlawan Sepuluh November telah membuktikannya.

Belum jelas siapa saja pejuang atau pahlawan yang telah berjasa bagi Indonesia, khususnya Kota Surabaya yang dimakamkan di sini. Umumnya, nama yang tertera di batu nisan tiap makam itu ditulis Pahlawan Tak Dikenal. Sebagian batu nisan lainnya, sudah diberi nama para pejuang yang gugur di medan perang. Ada banyak makam pahlawan di sini, dengan melihatnya saja membuat kita dapat membayangkan betapa dahsyatnya peperangan mereka melawan penjajah. Selain Taman Makan Pahlawan Sepuluh November, Kota Surabaya juga memiliki Taman Makam Pahlawan lainnya yakni Taman Makam Pahlawan Kusuma Bangsa.

Tidak hanya itu saja, di Kampung Rangkah, Kenjeran-Surabaya juga terdapat sebuh makam yakni makam WR Soepratman. Di kawasan Bubutan terdapat makam Dr Soetomo (makamnya di sebelah Gedung Nasional Indonesia). Di Pemakaman Ngagel pun terdapat jasad pahlawan Surabaya yang paling terkenal kisah perjuangannya semasa masih hidup, yakni makam Bung Tomo. Hal

tersebutlah yang menjadikan Surabaya memang layak untuk dijuluki sebagai Kota Pahlawan. Selain dari kisah-kisah heroiknya, pemakaman para pahlawannya pun masih terawat dengan baik sampai saat ini. Bagaimana tertarik untuk berkunjung, silahkan saja Anda datang ke Taman Makam Pahlawan Nasional Sepuluh November yang berlokasi di Jalan Mayjen Sungkono, Surabaya.

Advertisement