Advertisement

Meru Betiri merupakan hutan tropis dengan sungai spektakuler dan keanekaragaman satwa liar. Berslogankan “Home of Biodiversity”, Taman Nasional Meru Betiri merupakan salah satu taman nasional yang paling mengesankan di Pulau Jawa dengan ekosistem mangrove, hutan rawa, dan hutan hujan dataran rendah. Kawasan Taman Nasional Meru Betiri secara administrasi pemerintahan terletak di Kabupaten Jember dan Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.

Taman nasional ini terdiri dari 4 zona yaitu,  zona rimba seluas 22.622 Ha, zona pemanfaatan intensif seluas 1.285 Ha, zona rehabilitasi seluas 4.023 Ha, dan zona pemanfaatan khusus seluas 2.155 Ha. Sebagian besar taman nasional ini dipenuhi oleh perkebunan karet dengan topografi berbukit-bukit berikut tebing yang curam. Kawasan Taman Nasional Meru Betiri bagian utara dan tengah merupakan hutan hujan tropika yang selalu hijau, sedangkan di bagian lainnya termasuk hutan dengan musim kering.  Taman nasional ini merupakan sebuat pot besar tempat tumbuhnya tanaman langka seperti bunga raflesia dan beberapa jenis tumbuhan lainnya seperti bakau, api-api, waru, nyamplung, rengas, bungur, pulai, bendo, dan beberapa jenis tumbuhan obat-obatan.

Di sini Anda juga dapat menyaksikan tingkah laku satwa liar yang eksotis seperti kumbang hitam, kura-kura, macan tutul, banteng, kera ekor panjang, ajag, kucing hutan, rusa, bajing terbang ekor merah, merak, penyu belimbing, penyu sisik, penyu hijau, dan penyu ridel atau lekang. Beberapa lokasi yang menarik untuk dikunjungi di TNMB Banyuwangi antara lain Pantai Sukamade, Pantai Rajegwesi, Padang Rumput Sumbersari, Teluk Hijau.

Di pantai tersebut, Anda dapat melakukan wisata bahari, berenang, pengamatan satwa atau tumbuhan serta wisata budaya (nelayan tradisional). Sedangkan di padang rumput Sumbersari, dapat dilihat aneka satwa seperti sambar, rusa, kijang. Pantai Sukamade cocok untuk kegiatan berkemah, berselancar angin, dan pengamatan flora dan fauna, terutama aktivitas penyu yang sedang bertelur. Adapun penjelajahan hutan, wisata bahari, dan berenang dapat dilakukan di Teluk Hijau. Untuk akses jalannya Kawasan Taman Nasional Meru Betiri dapat dicapai melalui dua jalur :

1.  Jalur melalui Jember :

  • Jember – Ambulu – Curahnongko – Bandealit sepanjang 64 Km dari arah Jember , dapat ditempuh selama 1,5 jam.

2.  Jalur melalui Banyuwangi :

  • Jember – Glenmore – Sarongan – Sukamade sepanjang 103 km , dapat ditempuh selama 3,5 – 4 jam.
  • Jember – Genteng – Jajag – Pesanggaran – Sarongan – Sukamade sepanjang 103 km , dapat ditempuh selama 3,5 – 4 jam.
  • Jember – Banyuwangi – Genteng – Jajag – Pesanggaran – Sarongan – Sukamade sepanjang 127 km , dapat ditempuh selama 4 – 4,5 jam.

Advertisement