Advertisement

Jika Anda sedang berwisata ke Kota Banyuwangi jangan sampai terlewat untuk singgah ke Taman Sayu Wiwit. Sangat mudah untuk menemukan Taman Sayu Wiwit ini. Letaknya persis berada di depan kantor Bupati Banyuwangi, yang berlokasi di Jalan A. Yani. Dahulu, taman ini bagian dari Taman Makam Pahlawan (TMP) Wisma Raga Satria Banyuwangi. Semenjak pemerintahan dipimpin oleh Bupati Abdullah Azwar Anas, komplek TMP Wisma Raga Satria dipecah menjadi dua bagian. Dimana taman depan TMP diubah menjadi ruang terbuka hijau (RTH) dan diberi nama Taman Sayu Wiwit.

Taman ini dipisahkan dengan pagar beton sebagai pemisah dengan area TMP yang ada disebelah timurnya. Semenjak itu, kesan angker dan menyeramkan yang selama ini melekat pada TMP mulai pudar. Bahkan kawasan Taman Sayu Wiwit Banyuwangi ini menjadi lokasi favorit bagi pelajar dan mahasiswa untuk mengisi waktu diluar jam sekolah atau kuliah. Mereka memanfaatkan akses point wifi yang tersedia secara gratis 24 jam untuk mengerjakan tugas atau sekedar berselancar di dunia maya. Tak jarang, pelajar, mahasiswa atau komunitas hoby seperti fotografi, automotif menggelar diskusi ringan di Wisma Sayu Wiwit yang memiliki arsitektur unik tersebut.

Saat siang hari tempat ini terasa sejuk yang dihasilkan dari deretan pohon kelapa sawit yang sepintas mirip pohon palm. Hamparan hijau rumput dibawah pepohonan kelapa sawit sedap dimata. Sedangkan di malam hari suasana gemerlap berbagai jenis lampu hias menyinari disela-sela pohon yang membanjar rapi. Di tiap malam, Taman Sayu Wiwit ramai dikunjungi masyarakat. Terrdapat pula perpustakaan umum yang berada di sebelah utara Taman Sayu Wiwit Banyuwangi ini.

Advertisement